Wapres Ma'ruf Minta Proses Belajar di Al Zaytun Tetap Berjalan Usai Panji Gumilang Tersangka

Wapres KH Maruf Amin.
Sumber :
  • Syarifuddin Nasution (Jambi)

Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meminta proses belajar di Pondok Pesantren (ponpes) Al Zaytun tetap berjalan meski pimpinannya Panji Gumilang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama. 

Diungkap Istri, Anak Kiai Ponpes di Jember Sering Open BO Waria

Hal tersebut dikatakan Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid, usai menghadiri rapat Dewan Pertimbangan MUI tentang Perkembangan Organisasi dan Persoalan Keuangan dan Kebangsaan yang dipimpin Wapres Ma'ruf Amin.

"Tadi Bapak Ketua Dewan Pertimbangan (Ma'ruf Amin) memberikan arahan bahwa proses pendidikan yang sekarang sudah berjalan di Al Zaytun itu harus tetap berjalan. Pemerintah diharapkan bisa mengambil alih dan juga memberikan pembinaan di dalam proses selanjutnya," ujar Zainut Tauhid Sa'adi di kantor MUI Jakarta Pusat, Rabu, 2 Agustus 2023.

Pakar Hukum Trisakti: Gugatan Praperadilan Panji Gumilang Bakal Ditolak di PN Jaksel

Pemasangan kawat berduri di depan Ponpes Al Zaytun

Photo :
  • Azizi Erfan/Indramayu

Ia menyebutkan, dalam hal yang berkaitan dengan pendidikan, merupakan tupoksi pemerintah yaitu Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud). Jika pendidikan agama dan pesantren, kata Zainut, di bawah naungan Kementerian Agama.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

"Pemerintah itu siapa? Tentunya yang sesuai dengan tupoksi-nya, dalam hal ini adalah kalau lembaga pendidikan umum dikembalikan Kemendikbud, kalau pendidikan agama dan pondok pesantren di Kementerian Agama," ujarnya.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengapresiasi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) karena dinilai telah bekerja keras dan bersungguh-sungguh melindungi umat dan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat berkaitan dengan pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang.

"Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Polri yang telah bekerja keras dan sunguh-sungguh dalam melindungi umat dan menjaga kondusifitas masyarakat yang beberapa bulan ini sempat terguncang dan dibuat gaduh oleh Panji Gumilang," kata Wakil Sekjen Bidang Hukum dan HAM MUI Ikhsan Abdullah dalam keterangan resminya diterima di Jakarta, Rabu, 2 Agustus 2023.

Ikhsan memastikan bahwa ulama dan umat akan senantiasa mendukung Polri dalam penyelesaian perkara dugaan tindak pidana penistaan agama oleh Panji Gumilang tersebut.

"Tentu saja ulama dan umat mengiringi langkah Polri untuk mengawal proses hukum ke penuntutan sampai proses persidangan di pengadilan," kata Katib Suriyah Nahdlatul Ulama (NU) itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya