Pesta Demokrasi Harus Jadi Pestanya Pelaku UMKM

Geliat bisnis atribut kampanye Pemilu. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

JakartaKetua Umum Gerakan Nasional UMKM Bangkit Teguh Anantawikrama mengamati soal keberadaan pelaku UMKM jelang pesta demokrasi.

Anies: Pakemnya yang Tidak Mendapatkan Amanah Berada di Luar Kabinet

Biasanya jelang pemilu,  berbagai aktivitas mulai bermunculan dengan megah. Namun, keberadaan pelaku UMKM sebatas pajangan semata.

"Menarik memang untuk disaksikan, tetapi menyedihkan melihat pelaku UMKM hanya menjadi “aksesori” kegiatan," jelas Teguh Anantawikrama, mantan Wakil ketua Umum bidang UMKM Kadin dalam keterangannya yang diterima VIVA, Jakarta, Minggu (6/8/2023).

Kemenkominfo Gratiskan IDTH untuk UMKM

Warna-warni atribut kampanye Pemilu 2014

Photo :
  • ANTARA/Irwansyah Putra

Menurut Teguh,  akan ada berapa banyak kegiatan di berbagai daerah hingga puncak pemilihan umum nanti.

Bukan International Moneteri Fund, Sandiaga Ungkap 84 Persen UMKM Andalkan IMF untuk Permodalan

"Betapa elok jika semua kegiatan itu melibatkan pelaku UMKM secara aktif, berapa banyak multiplying effect yang akan terjadi," jelas Teguh yang kini menjabat Wakil Kepala Badan Ristek Kadin.

Selain memberi dampak langsung bagi ekonomi rakyat setempat, kata Teguh, tentu akan memberi dampak elektoral signifikan bagi siapapun yang mampu menggunakan momen ini sebagai momen “aktifasi” ekonomi rakyat secara genuine.

"Mari kita jadikan pesta demokrasi ini sebagai pesta bangsa, bukan pestanya segelintir orang saja. Mari kita bangkit menjadi negara yang kuat ekonomi ke rakyatannya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya