Polri Bilang Harun Masiku Masih Ada Di Dalam Negeri, KPK: Itu Data Perlintasan Lama

Pelaksana tugas (Plt) Deputi Penindakan atau Eksekusi KPK Asep Guntur
Sumber :
  • Zendy Pradana/ VIVA.

Jakarta – Kadiv Hubinter Polri, Irjen Pol Krishna Murti mengatakam bahwa buronan kasus korupsi Harun Masiku sempat pergi ke luar negeri hingga kemudian balik lagi ke Indonesia. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan bahwa itu adalah data lama.

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah

Pelaksana tugas Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Asep Guntur Rahayu mengatakan bahwa sampai dengan saat ini belum ada perlintasan terbaru bahwa Harun Masiku ada di Indonesia.

"Iya, data perlintasan yang lama. Melintasnya terhitung karena memang perlintasan itu. Sampai sekarang belum tercatat lagi," ujar Asep Guntur di gedung merah putih KPK, Jumat 11 Agustus 2023 malam.

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

Harun Masiku

Photo :
  • Istimewa

Harun Masiku memang sempat terdeteksi ada di Indonesia pada Januari 2020 silam. Hal itu merujuk pada video yang viral di Bandara Soekarno Hatta ketika Harun baru saja tiba dari Singapura. 

Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Pelanggaran Etik

Namun, setelah itu tidak ada informasi terbaru soal keberadaan Harun Masiku di Indonesia. Asep menduga bahwa Harun Masiku pergi ke luar negeri menggunakan jalur tidak resmi.

"Dalam perkembangannya, informasi yang kami terima yang bersangkutan itu sudah keluar dari Indonesia, tapi tidak melalui jalur resmi sehingga tidak tercatat pada saat keluarnya," kata Asep.

KPK sempat mendapt informasi bahwa Harun Masiku ada di luar negeri. Kendati, ketika penyidik datang ke negara itu, justru tidak ada hasil memuaskan. "Kami sudah mengirimkan tim ke negara tetangga kemudian mengecek informasi keberadaannya, dan itu juga kami koordinasi dengan Divisi Hubinter Polri," beber dia.

Polri Sebut Harun Masiku Ada di Indonesia

Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri, Irjen Pol Krishna Murti mengatakan bahwa buron kasus korupsi Harun Masiku masih berada di Indonesia. Hal tersebut dikatakannya demi menepis informasi yang beredar bahwa Harun Masiku ada di negara tetangga, Kamboja.

Krishna Murti menjelaskan mengapa saat ini Harun Masiku masih ada di Indonesia. Menurutnya, setelah dilakukan pengecekan data perjalanan bahwa terdeteksi Harun Masiku ada di dalam negeri.

"Ada data perlintasannya yang menunjukkan bahwa yang bersangkutan ada di dalam negeri. Jadi rumor-rumor yang beredar seperti itu, ya kami sampaikan. Tapi kami tidak menghentikan pencarian terhadap yang bersangkutan di luar negeri," ujar Krishna Murti kepada wartawan di gedung merah putih KPK, Senin 7 Agustus 2023.

Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri Irjen Pol. Krishna Murti

Photo :
  • ANTARA/Laily Rahmawaty

Ia juga menjelaskan Harun Masiku memang sempat pergi keluar negeri. Namun, kepergiannya itu tidak memakan waktu lama dan langsung kembali ke Indonesia. Maka dari itu, Krishna memastikan bahwa Harun Masiku tidak bersembunyi di luar negeri.

"Setelah dia keluar dia balik lagi ke dalam. Jadi dia sebenarnya bersembunyi di dalam tidak seperti rumor. Tapi kita juga tidak menghentikan pencarian dari yang bersangkutan di luar," kata dia.

Pun, data perlintasan yang didapat polri itu sduah dilaporkan kepada pimpinan lembaga antirasuah. Polri menyatakan tak berhenti membantu KPK untuk mencari para buronan korupsi yang diduga melarikan diri ke luar negeri.

"Dugaabln kami berdasarkan data perlintasan seperti itu. Tapi kita tidak menghentikan pencarian dari yang bersangkutan di luar negeri," kata Krishna.

"Dua buron lain insyaallah tadi kita melakukan komunikasi ketat. Tadi kami akan membicarakan lebih lanjut apa bantuan teknis yang bisa diberikan," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya