Sandiaga Beri Bantuan ke 5 Desa Wisata di Jabar: Pariwisata Bangkit, Lapangan Kerja Tercipta

Menparekraf Sandiaga Uno
Sumber :
  • Istimewa

Bandung - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, terus memperlihatkan komitmen kuatnya terhadap pengembangan sektor pariwisata di Indonesia.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Sebagai bagian dari upaya mendukung perkembangan usaha pariwisata, membuka lebih banyak peluang lapangan pekerjaan, dan ekonomi lokal bangkit, Sandiaga Uno memberikan bantuan Dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata (DPUP) senilai Rp 120 juta rupiah kepada 5 desa wisata di Jawa Barat.

Kegiatan berlangsung di Desa Wisata Alamendah, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Sandiaga Akui Sarankan PPP Segera Gabung ke Koalisi Prabowo-Gibran

Berkolaborasi dengan Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) dan UMKM Sahabat Sandi Uno Kabupaten Bandung, Menparekraf Sandiaga Uno memberikan langkah nyata dalam mewujudkan visi pengembangan pariwisata yang berkelanjutan dan inklusif, sehingga 4,4 juta lapangan pekerjaan bisa tercipta. 

"Desember 2020 keadaan pariwisata dalam keadaan yang sangat memprihatinkan. Salah satu inovasi kami saat itu saya berkunjung ke Desa Alamendah yaitu untuk pengembangan desa wisata," kata Sandiaga, dikutip Sabtu, 12 Agustus 2023.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

"Alhamdulillah di Desa Wisata Alamendah setelah 2 tahun kunjungan, wisatawan meningkat, lapangan kerja tercipta, sehingga tahun lalu secara kolektif 2,6 juta lapangan kerja baru tercipta, nah tahun depan targetnya 4,4 juta lapangan kerja," lanjut Sandiaga. 

Diketahui, bantuan dari Menparekraf dapat merangsang pertumbuhan sektor pariwisata di daerah tersebut, dengan fokus pada pengembangan infrastruktur pariwisata, pelatihan SDM, serta peningkatan pelayanan kepada wisatawan.

"Saya dorong agar bantuan ini bisa difokuskan kepada peningkatan SDM, peningkatan produk-produk ekonomi kreatif, peningkatan destinasi wisata sehingga kunjungan wisatawan itu lebih berkualitas dan lebih berkelanjutan," ungkap Sandiaga. 

Melalui dukungannya, Sandiaga ingin membantu desa wisata bertransformasi menjadi destinasi yang menarik, meningkatkan kualitas pengalaman wisatawan, dan secara keseluruhan, mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

"Tadi kami serahkan dukungan untuk 5 desa disini langsung konkret, tidak pakai besok, tidak pakai nanti, kita serahkan bantuannya. Nanti akan diikuti juga pelatihan-pelatihan tambahan dan juga peningkatan literasi keuangan dan kita harapkan juga ada partisipasi dari dunia usaha," kata Sandiaga. 

Wendiansyah, Ketua Desa Wisata Alamendah dan Ketua Gemawira Kabupaten Bandung, sekaligus penerima bantuan desa wisata mengungkapkan, bahwa bantuan tersebut akan digunakan untuk peningkatan perbaikan hingga kualitas desa wisata. 

Kehadiran program - program Sandiaga nyatanya memberikan dampak positif untuk Desa Alamendah.

"Penyerahan bantuan DPUP dari Kemenparekraf dan Alhamdulillah bisa dihadiri oleh Pak Sandi. Dari ADWI 2021 ini salah satu peningkatan yang sangat luar biasa, mulai dari data kunjungan yang signifikan meningkat sampai saat ini," kata Wendiansyah.

"Kami ucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan untuk Desa wisata Alamendah, semoga bisa menjadi langkah kami lebih baik lagi, bisa lebih besar lagi dalam membuka lapangan pekerjaan di Desa Wisata Alamendah. Terima kasih banyak," tutup Wendiansyah.

Acara ini tidak hanya memperlihatkan komitmen pemerintah dalam mendukung pengembangan pariwisata, tetapi juga melibatkan para UMKM dari UMKM Sahabat Sandi Uno Kabupaten Bandung dalam rangkaian kegiatan. Sejumlah UMKM Sahabat Sandi Uno turut serta memeriahkan acara tersebut dengan memamerkan produk-produk unik dan kuliner khas daerah. 

Kolaborasi antara pemerintah, desa wisata, dan UMKM ini menjadi contoh sinergi yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dengan memanfaatkan potensi pariwisata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya