Nama Calon Kapolri Lebih dari Satu

Marsekal (purn) Djoko Suyanto
Sumber :
  • Antara/ Ujang Zaelani

VIVAnews - Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri akan memasuki masa pensiun sebagai Kapolri pada Oktober tahun ini. Calon pengganti belum dicari, tapi nama calon sudah dipersiapkan.

"Yang jelas tidak satu melainkan lebih dari satu," kata Ketua Komisi Kepolisian Nasional Djoko Suyanto kepada VIVAnews, Rabu 7 Juli 2010.

Menurut Djoko, saat ini belum ada perintah dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk mencari nama pengganti Bambang Hendarso Danuri. Pada waktunya nanti akan dipublikasikan kepada masyarakat.

"Hingga kini saya belum dapat perintah untuk mencari siapa-siapa orangnya," ujar Djoko yang juga Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM ini.

Djoko menegaskan, belum ada pembicaraan soal calon pengganti Bambang Hendarso Danuri. "Presiden belum instruksikan. Nanti, akan kita umumkan setelah Presiden menginstruksikan ke saya," kata mantan Panglima TNI ini.

Untuk calon Kapolri baru, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo menyebut enam nama yang dapat dipilih Presiden. Mereka adalah Gorries Mere, Ito Sumardi, Timur Pradopo, Oegroseno, dan Nanan Soekarna.

"Saya kira nama-nama itu silakan diseleksi dengan baik," kata Tjahjo Kumolo yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Senin 5 Juli lalu. (sj)

Motor Bebek Baru Paling Mahal di RI, Cocok Buat Orang yang Kelebihan Uang
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati

Miris! Angka Stunting Cuma Turun 0,1 Persen, Padahal Sudah Keluar Puluhan Triliun

Komisi IX DPR RI mengkritisi turunnya angka prevalensi stunting hanya 0,1 persen dari 21,6 persen pada 2022 menjadi 21,5 persen pada 2023.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024