Polri Dapat Anggaran Rp 114,8 Triliun pada 2024, Kapolri Ungkap Program Prioritasnya

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Polri mendapat alokasi anggaran sebesar Rp 114,8 triliun untuk 2024. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengaku akan fokus pada program prioritas.

Polri Diminta Usut Tuntas Kasus Dugaan TPPU Panji Gumilang Kedok Pondok Pesantren

"Terkait dengan anggaran yang turun di Polri untuk tahun 2024 tentunya tadi secara umum sudah disampaikan oleh bapak Menko dan Menkeu bahwa tugas Polri antara lain mengawal seluruh kebijakan pemerintah agar bisa berjalan maksimal," ujar Sigit dalam konferensi pers di Kantor Direktorat Jenderal Pajak, Rabu, 16 Agustus 2023.

Ia menjelaskan, pengamanan tahapan pemilu 2024 juga menjadi salah satu prioritasnya. "Di mana selama tahun 2024 satu tahun penuh akan ada kegiatan rangkaian pemilu itu tahapan pemilu untuk memilih Presiden maupun pilkada kemudian juga ada beberapa kegiatan internasional yang tentunya harus kami amankan," sambungnya.

Demi Ongkosi SYL ke Brasil, Dirjen Kementan Bela-belain Sunat Anggaran

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Tak hanya itu, Sigit juga mengaku akan fokus pada keamanan pada wilayah Indonesia Timur. Ia juga menjelaskan, anggaran Polri yang diterima akan dialirkan sebanyak 49 persen untuk kebutuhan belanja pegawai. Sementara, 28 persen untuk biaya operasional dan 22,8 persen untuk belanja modal.

Polisi Usul WFH di Bali saat World Water Forum Berlangsung Supaya Tidak Macet

Kemudian, untuk menjamin keamanan, kualitas layanan publik hingga profesionalisme SDM Polri, Sigit mengatakan pihaknya memiliki 6 sasaran prioritas. Salah satu yang paling utama ialah untuk digitalisasi.

"Ada kurang lebih 5 program yang harus kami laksanakan mulai dari profesionalisme SDM, penyelidikan dan penyidikan tindak pidana, modernisasi altmasus dan sarpas dukungan manajemen harkabtimas sehingga, itu kira-kira kegiatan yang akan kami laksanakan di program RKP 2024," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya