Al Chaidar soal Karyawan KAI Terduga Teroris: Mungkin Masih Ada 16 Orang Lagi

Sosok karyawan KAI tersangka teroris
Sumber :
  • Humas Polri

Jakarta - Pengamat Terorisme, Al Chaidar menyebut PT KAI diduga kecolongan karena salah satu karyawannya, inisial DE (28) ditetapkan sebagai tersangka teroris oleh Densus 88 Antiteror Polri beberapa waktu lalu.

Menteri Basuki Ultimatum HK Rampungkan Tol Trans Sumatera Seksi Padang-Sicincin Juli 2024

"Dengan kejadian teroris, maka jelas sekali memperlihatkan bahwa KAI mungkin kebobolan atau kecolongan. Karena ada di antara mereka yang terlibat dengan terorisme, tapi bagaimanapun adalah tidak mudah bagi BUMN untuk membina SDM pegawainya," kata Al Chaidar saat dihubungi VIVA, Rabu, 16 Agustus 2023.

Al Chaidar juga menduga BUMN mengalami kesulitan dalam mengelola sumber daya manusia yang terikat dengan kebijakan-kebijakan negara secara umum, khususnya terorisme.

Brigjen Yusri Sebut Pelat Khusus ZZ Tak Kebal Ganjil Genap Kecuali Dikawal

"Karena memang boleh dikatakan sangat rumit bagi, BUMN untuk mengelola sumber daya manusia mereka yang juga complients dengan kebijakan-kebijakan negara secara umum terutama dalam masalah terorisme," kata Al Chaidar.

Sejumlah anggota Densus 88 menunjukkan barang bukti senjata api dan barang bukti lainnya milik terduga teroris berinisial DE yang ditangkap di Bekasi, Jawa Barat, Senin, 14 Agustus 2023.

Photo :
  • ANTARA/ Fakhri Hermansyah
Korlantas Minta Pelat Nomor Dinas Lembaga Tercatat di Database Polri

"Dan tidak ada satupun BUMN yang sama sekali bisa imun ataupun tidak bisa dimasuki oleh kelompok-kelompok teroris dan radikal," sambungnya.

Al Chaidar menduga, tersangka teroris yang telah ditetapkan oleh Densus 88 beberapa waktu lalu memiliki 16 teman lainnya di lingkungan KAI. Hal tersebut terlihat, kata dia, saat polisi menemukan 16 buah senjata di kediamannya.

"Dia sudah mulai mengumpulkan senjata dan kemudian dia bukan hanya satu senjatanya, tapi 16. Itu kemungkinan dia memiliki 16 teman juga yang ada di lingkungan KAI ataupun di lingkungan yang lain," katanya. 

Kendati demikian, Al Chaidar menyebut kecil kemungkinan DE memiliki teman di luar lingkungan KAI. Hal itu terlihat, DE sangat aktif di lingkungan di mana tempat dia bekerja.

"Saya melihat bahwa dilingkungan yang lain dia kurang aktif, lebih banyak aktifnya dan waktunya dihabiskan di lingkungan kerja. Jadi kemungkinan besar, bahwa teman-temannya hanya ada di jaringan KAI," pungkasnya.

Sebelumnya, Sebanyak 16 senjata api diamankan Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti-teror Polri usai menggeledah rumah DE, karyawan BUMN di PT KAI sekaligus terduga teroris di Bekasi Utara, Jawa Barat. Penggeledahan dilakukan pada Senin, 14 Agustus 2023 usai DE ditangkap.

Selain mengamankan belasan senjata api, Densus 88 juga turut menyita barang bukti lainnya dari rumah DE. Seperti magazine, komputer hingga amunisi untuk senjata api. "Beberapa magazine, amunisi, di situ ada PC, komputer yang masih didalami dan beberapa barang bukti lain," katanya.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan 16 senjata api yang diamankan terdiri dari 11 laras pendek dan 5 lainnya laras panjang.

"Senjata api baik senjata api pabrik maupun rakitan ada 16 senjata. Sebanyak 11 laras pendek dan lima laras panjang," ucap Ramadhan dalam konferensi pers di Mabes Polri, Selasa, 15 Agustus 2023. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya