Emak-emak di Bojonegoro Kini Bisa Buka Peluang Usaha

Pelatihan membuat makanan khas Ledre untuk Emak-Emak Bojonegoro
Sumber :
  • Istimewa

Bojonegoro - Dalam upaya meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal, sebuah pelatihan diadakan oleh Emak-Emak Smart Pejuang Andalan Sejati (Espas) Bojonegoro. Kali ini, para emak-emak berkesempatan untuk belajar membuat makanan khas daerahnya yaitu 'ledre'. 

SKYEGASM Senses Experience: Sensasi Kulineran Padukan Rasa, Aroma, Sentuhan dan Pandangan

Pelatihan ini tak hanya menawarkan ilmu baru, tetapi juga membuka peluang untuk meningkatkan pendapatan usaha baru, dan bahkan membuka lapangan pekerjaan melalui usaha sendiri. Kegiatan berlangsung di RM Taman Kampoeng, Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis, 17 Agustus 2023.

"Kami berharap dengan adanya pelatihan ini mereka bisa belajar, bisa mempraktikan setelah pelatihan. Tujuannya supaya para emak - emak bisa meningkatkan keuntungannya, karena sejak kemarin covid mereka agak terpuruk, jadi adanya ini bersyukur sekali dengan kegiatan ini," kata Shinta Nurul, Ketua Espas Jawa Timur. 

3 Tips Ini Bisa Buat Kamu Terhindar dari Penipuan Investasi

Pelatihan ini menjadi wadah belajar bagi para emak-emak dalam memahami seluk-beluk pembuatan makanan ledre yang autentik dan menggugah selera. Mereka diberikan panduan dari ahli dalam mengolah bahan-bahan makanan, memastikan bahwa cita rasa khas Bojonegoro tetap terjaga, dan makanan ledre bisa lebih dikenal masyarakat luar. 

"Dari pelatihan ini semoga penjualan ledre InsyaAllah bisa meningkat, inikan ada 17 kecamatan yang ikut jadi biar rata, jadi kedepannya bisa lebih bagus, ledre bisa dikenal dimana-mana," ungkap Shinta. 

Dekranas Optimis Lestarikan Kerajinan Nasional Bisa Bantu Dongkrak Ekonomi

"Terima kasih Pak Sandi sudah difasilitasi untuk bisa berkumpul disini melakukan pelatihan, dengan adanya ini InsyaAllah sangat membantu perekonomian terutama di pedesaan", lanjut Shinta. 

Pelatihan tidak hanya terfokus pada keterampilan membuat makanan, tetapi juga mengenai pentingnya kemasan yang menarik. Para peserta juga diajarkan bagaimana merancang kemasan ledre agar dapat menarik perhatian konsumen, membuka peluang lebih besar untuk dikenal dan diminati. 

"Kita juga ada pelatihan packaging, karena orang disini kurang memahami untuk pembuatan packaging yang menarik, rata-rata pakai plastik. Ledre itu bisa meningkat kalau mereka tau cara promosi, selama ini mereka ini ke pengepul jadi keuntungannya tidak full," kata Shinta. 

Sri Wahyu, salah satu peserta mengungkapkan, ia sengaja mengikuti ini untuk menambah ilmu hingga bisa membuka peluang usaha dan menambah pendapatan ekonomi. 

"Saya ikut ini untuk menambah ilmu, ingin mengembangkan pembuatan ledre siapa tau bisa buka usaha jadi bisa membantu suami. Di samping itu juga ikut melestarikan makanan khas sini," kata Sri 

Harapannya, ledre Bojonegoro dapat semakin menyebarluas dan dikenal sebagai salah satu kebanggaan kuliner lokal yang lezat dan menarik. 

"Semoga makanan ledre ini semakin berkembang dan bisa dijual ke luar daerah lebih banyak lagi," kata Sri. 

Selain pelatihan, kegiatan juga dimeriahkan dengan senam bersama guna menjaga kebugaran tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya