Pengamat: Sosok Prabowo sebagai Magnet Politik Makin Terlihat di Jatim

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya.

Jakarta – Penerimaan masyarakat di Jawa Timur (Jatim) terhadap bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto akhir-akhir ini dinilai semakin menunjukkan peningkatan yang signifikan. 

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Demikian dikemukakan Pengamat Politik Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur Singgih Manggalou.  “Sosok Pak Prabowo sebagai magnet politik semakin terlihat di Jawa Timur,” kata Singgih dikutip Jumat, 18 Agustus 2023. 

Menurut dia, penerimaan masyarakat Jawa Timur terhadap Prabowo belakangan semakin nyata terlihat. Salah satunya dengan adanya billboard berukuran besar yang terpasang di Kota Surabaya, Jatim. 

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

Menhan Prabowo Subianto menerima kunjungan selebgram dan komika di kantornya

Photo :
  • dok Tim Prabowo

Billboard yang didominasi warna putih itu menampilkan sosok Prabowo dan Presiden Jokowi yang sama-sama mengenakan kemeja putih lengan panjang. Pada billboard tersebut bertuliskan Wayahe Prabowo. 

Elite PDIP Harap Prabowo Jalankan Ajaran Bung Karno Wujudkan Trisakti

Tak hanya itu. Tingkat elektabilitas Prabowo dalam hasil survei juga menempati peringkat teratas. 

Hal ini terungkap berdasarkan hasil survei terbaru yang dilakukan Surabaya Research Syndicate (SRS). 

Dari survei SRS yang dilakukan periode 2-11 Agustus 2023 tersebut, Prabowo berhasil menyisihkan perolehan angka bakal capres PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo dan bakal capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan. 

Dari simulasi tiga nama, Prabowo sukses mengumpulkan dukungan sebesar 43,7 persen, disusul Ganjar dengan 39,5 persen dan Anies dengan suara sebesar 12,2 persen. 

Melihat banyaknya billboard dan tingkat elektabilitas Prabowo yang tinggi di Jatim, menurut Singgih, bisa memperbesar peluang untuk meraup suara mayoritas. 

Singgih juga meyakini banyaknya dukungan dari berbagai relawan termasuk relawan Khofifah dan pemuka agama di Jatim turut memperkuat Prabowo pada Pilpres 2024 mendatang. 

“Dukungan dari para relawan Bu Khofifah terlihat cukup intens membantu kenaikan elektabilitas,” ujar Singgih.

Lantaran itu, Singgih menyimpulkan, Prabowo dalam Pilpres 2024 mendatang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan capres lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya