BEM UI Ajak Debat, FISIP UI Gelar Kuliah Kebangsaan Undang Anies, Ganjar dan Prabowo

Tiga bacapres 2024 Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.
Sumber :
  • ist

Depok - Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) menantang debat kepada sejumlah bakal calon presiden (bacapres) untuk datang ke kampus.

Maju Pilgub Babel Kembali, Erzaldi Rosman Ngaku Didukung Prabowo

Sementara itu, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UI pun berencana menggelar kuliah kebangsaan yang mengundang tiga bacapres yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto.

Ketiga nama tersebut direncanakan hadir di kampus UI Depok pada Selasa, 29 Agustus 2023 dalam kegiatan Kuliah Kebangsaan. Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI.

Gerindra: Prabowo Sudah Kantongi Nama untuk Pilgub Jakarta 2024

Dekan FISIP UI, Prof. Semiarto Aji Purwanto

Photo :
  • Dok.FISIP Universitas Indonesia

“Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia berencana menyelenggarakan rangkaian kegiatan Kuliah Kebangsaan dengan tema "Hendak ke mana Indonesia Kita? Gagasan, Pengalaman dan Rancangan Para Pemimpin Masa Depan" pada bulan Agustus dan September 2023,” kata Dekan FISIP UI, Prof. Semiarto Aji Purwanto dalam keterangannya, Rabu (23/8/2023).

Eskalasi Konflik Timur Tengah Memuncak, Industri Hulu Migas Jadi Harapan RI

Kuliah Kebangsaan adalah kegiatan reguler FISIP UI untuk menghadirkan tokoh-tokoh bangsa untuk menyampaikan gagasan mereka di depan civitas akademika kampus secara jernih dan mendalam. Pada rangkaian Kuliah Kebangsaan FISIP UI kali ini. Tokoh-tokoh yang diundang adalah Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta 2017-2022), Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah 2013- 2023), dan Prabowo Subianto (Menteri Pertahanan RI 2019-sekarang).

“Ketiganya adalah tokoh-tokoh yang dipandang penting untuk didengar dan didiskusikan pandangan-pandangannya dengan obyektif,” ujarnya.

Untuk rangkaian yang pertama, FISIP UI akan menghadirkan Anies Baswedan pada tanggal 29 Agustus 2023, pukul 08.30-11.30 WIB.

Tahun 2022 lalu, Kuliah Kebangsaan FISIP UI menghadirkan tokoh-tokoh bangsa lainnya seperti Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, serta tokoh masyarakat sipil Yenny Wahid.

Dekan berharap dengan adanya kegiatan ini akan berkontribusi positif bagi terciptanya kehidupan kebangsaan yang sehat dan dinamis melalui forum akademis di kampus.

“FISIP UI sebagai pusat keunggulan dalam bidang ilmu- ilmu Sosial dan Politik harus memainkan perannya sebagai katalis diskusi yang sehat dan berkualitas,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya