Kader Aktif Turun ke Masyarakat Dinilai Jadi Pendorong Elektabilitas PAN Melejit

Ketum PAN Zulkifli Hasan ketika memimpin rombongan PAN ke KPU dalam pendaftaran bacaleg.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta – Hasil sejumlah survei menyebutkan elektabilitas Partai Amanat Nasional (PAN) melejit. Hal itu dinilai berkat dari kerja para kader yang aktif turun ke masyarakat.

Dipimpin Desy Ratnasari, Seluruh Kader PAN Deklarasi Dukung Zulhas Jadi Ketum Lagi

Demikian dikemukakan Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komaruddin. "Jadi pondasi elektabilitas partai itu lebih banyak pada caleg-calegnya yang turun ke lapangan, ke masyarakat," katanya, Jumat, 25 Agustus 2023.

Menurut Ujang, hadirnya para kader di tengah rakyat memang merupakan cara yang efektif untuk merebut simpati masyarakat. Sebab, para kader secara langsung berinteraksi dengan masyarakat. 

Golkar, PAN dan Demokrat Sepakat Koalisi Usung Jaro Ade di Pilkada Kabupaten Bogor

Zulkifli Hasan Pimpin Langsung Pendaftaran Bacaleg PAN ke KPU

Photo :
  • Dok. Istimewa

Dalam hasil survei Indikator Politik Indonesia (IPI) terbaru, elektabilitas PAN berhasil menembus 4,3 persen. Angka itu naik dari bulan Juni yang hanya memperoleh angka 3,1 persen.

Romi Hariyanto Daftar Cagub Jambi ke Gerindra, Tak Ciut Nyali Lawan Petahana

Hasil survei lembaga lain juga menunjukkan hasil positif untuk PAN. Survey & Polling Indonesia (SPIN) terbaru, misalnya. Hasil survei tersebut menunjukkan elektabilitas PAN tembus di angka sebesar 4,1 persen.

Selain itu, masifnya kampanye PAN di berbagai media juga merupakan salah satu faktor naiknya elektabilitas partai besutan Zulkifli Hasan tersebut. PAN saat ini semakin mudah dikenali oleh masyarakat luas.

"Naik elektabilitasnya mungkin ada dampak dari iklan dari media televisi dan lain-lain," ujar Ujang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya