Lanud Atang Sendjaja Pamerkan untuk Umum Koleksi Helikopter Tempur Berbagai Jenis

Ribuan warga memadati Open Base Pangkalan TNI Angkata Udara (Lanud) Atang Sendjaja di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 26 Agustus 2023, dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan berkolaborasi Festival Merah Putih.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

Bogor – Ribuan warga memadati Open Base Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Atang Sendjaja di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 26 Agustus 2023, dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan berkolaborasi Festival Merah Putih. Warga melihat atraksi para prajurit TNI Angkatan Udara dan alusista pesawat. 

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Warga mulai mendatangi pangkalan militer itu sejak pagi. Mereka melihat penampilan parade budaya TNI AU, penampilan marching band dari Universitas Pertahanan. Warga antusias melihat pesawat helikopter hingga kendaraan tempur yang diparkir di Skadron 6 Lanud ATS.
 
Komandan Lanud Atang Sendjaja Marsma TNI M. Taufiq Arasj menyampaikan, Open Base ATS untuk memperkenalkan sekaligus menumbuhkembangkan cinta kedirgantaraan kepada masyarakat sehingga terwujud rasa saling memiliki. Juga saling bersinergi terhadap aktivitas yang dilaksanakan Lanud Atang Sendjaja, selain untuk menarik minat generasi penerus menjadi prajurit TNI AU.

Ribuan warga memadati Open Base Pangkalan TNI Angkata Udara (Lanud) Atang Sendja

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR
Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

"Ini kita menunjukkan kepada masyarakat, inilah pangkalan TNI Angkatan Udara Atang Sendjaja, ini tidak lepas dari arahan dari Bapak Presiden, arahan Bapak Panglima TNI, Bapak KSAU untu memeriahkan bulan kemerdekaan bersama-sama mamsyarakat," katanya kepada wartawan.

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Dalam Open Base diselenggarakan berbagai kegiatan, antara lain, demo udara oleh Federasi Aero Sport Indonesia Daerah Bogor (Fasida Bogor), berupa terjun payung yang salah satu penerjun membawa bendera Merah Putih. Terjun payung dilaksanakan dalam ketinggian 5.000 feet melalui Helikopter EC-725 Caracal (HT-7202/ HT-7206). Penerjunan pertama dilaksanakan oleh sebanyak 8 peterjun, dan run 2 dilaksanakan 7 peterjun.

Selain itu, ditampilkan juga Harmony Nusantara, pertunjukkan tari daerah yang dilaksanakan medley oleh Wanita TNI Angkatan Udara Bogor. Tarian itu untuk menunjukkan keberagaman budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Open Base Lanud Atang Sendjaja juga menggelar static show berupa pameran alat utama sistem senjata (alutsista) Helikopter TNI AU, antara lain; Helikopter NAS-332 Super Puma Skadron Udara 6 Wing Udara 4 Lanud Atang Sendjaja, Helikopter EC-725AP Caracal Skadron Udara 8 Wing Udara 4 Lanud Atang Sendjaja, Helikopter  AS 365 N3+ Daupin dan  Helikopter BO-105 Bolkow Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan (Satud PP) Wing Udara 4 Lanud Atang Sendjaja, Helikopter EC-120B Colibri Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma.

Ribuan warga memadati Open Base Pangkalan TNI Angkata Udara (Lanud) Atang Sendja

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR

Di samping itu juga turut dipamerkan kendaraan taktis (rantis) MIT ARES, Assault Vehicle (p6 ATAV), EOD Jihandak Satuan Bravo 90 Pasgat, PJD V8 Batalyon 14 Kopassus, APC Turangga 4x4 Kompi C Batalyon 461 Kopasgat, dan Resimen II Paspelopor Brimob menghadirkan Barracuda, Rantis Patroli Jarak Jauh (PJJ), serta Rantis Wolf. Fasida Bogor juga memamerkan Paramotor, Paratrike dan Trike.

Kemeriahan Open Base dalam rangka closing ceremony Festival Merah Putih, juga menghadirkan penampilan drum band dari siswa-siswi SMK Penerbangan “Angkasa” (SMKP Angkasa) Yasarini Lanud Atang Sendjaja dan dari drum band Universitas Pertahanan (Unhan).

Panitia Open Base juga menggelar bazar Usaha Kecil Menengah (UKM) yang diikuti berbagai usaha kecil menengah dalam rangka turut serta mengatasi kesulitan perekonomian masyarakat Bogor. 

Ketua Panitia Festival Merah Putih 2023 Benyamin Mbo'oh mengatakan, dibukanya Lanud Atang Sandjaja menjadi yang perdana dalam memeriahkan FMP 2023. "Kami sangat apresiasi komandan Lanud yang tahun ini membuka diri kepada festival dan masyarakat dengan rangkaian yang sangat meriah," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya