Lestarikan Ekosistem Sungai, Nelayan Sumsel Diajari cara Tangkap Ikan Ramah Lingkungan

KNP Sumsel beri edukasi menangkap ikan ramah lingkungan
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Sumatera Selatan – Simpatisan Ganjar Pranowo yang berjejaring dalam Komunitas Nelayan Pesisir (KNP) Sumatra Selatan kembali melakukan kegiatan positif untuk warga Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). KNP Sumsel terjun langsung ke Dusun 1, Desa Bangsal, Kecamatan Pampangan, Kabupaten OKI, Sumsel. Dalam lawatannya, relawan Ganjar itu mendapat antusiasme yang meriah dari warga setempat. 

Relawan Tak Tolak Partai Pendukung Amin Bergabung Koalisi Prabowo-Gibran

Koordinator Wilayah KNP Sumsel, Heldi Bagja mengatakan ada sejumlah agenda yang digelar oleh simpatisan Ganjar itu untuk warga meliputi edukasi menangkap ikan ramah lingkungan. 

Sebagai bentuk nyata mendorong penangkapan ikan ramah lingkungan, KNP Sumsel memberikan bantuan alat tangkap berupa jaring untuk meningkatkan produktivitas para nelayan dalam menangkap ikan di Sungai Pampangan. 

Relawan Kris Dayanti Ambil Formulir Maju Wali Kota Batu

Nelayan melemparkan jala di muara sungai perairan pantai Kampung Jawa, Banda Aceh

Photo :
  • ANTARA FOTO/Ampelsa

Bantuan jaring serta edukasi menangkap ikan ramah lingkungan menjadi penting dilakukan agar ekosistem sungai serta populasi ikan di dalamnya dapat terjaga dengan baik serta dapat dirasakan oleh generasi berikutnya. 

Habiburokhman: Jangan Ada Pihak yang Memecah Relawan dengan TKN Prabowo-Gibran

"Harapan untuk nelayan setempat setelah kami bantu hasil produksi atau tangkap ikan nelayan bertambah yang pertama. Yang kedua mereka dapat mengetahui sosok Pak Ganjar Pranowo itu seperti apa setelah kita jabarkan tadi," jelas Bagja dalam keterangan yang diterima, Minggu 27 Agustus 2023. 

Bagja mengungkapkan, selain berprofesi sebagai nelayan, warga setempat juga memproduksi kemplang panggang. Ikan-ikan hasil tangkapan nelayan dijadikan camilan renyah khas bumi Sriwijaya itu. 

Dia berharap, dengan peningkatan produktivitas nelayan, terjaga ekosistem sungai serta melimpahnya tangkapan ikan dapat mendongkrak produksi rumahan kemplang sehingga berdampak pada perekonomian warga setempat.

Melalui kegiatan ini pula dukungan terhadap Ganjar Pranowo semakin diperkuat. Pasalnya, KNP Sumsel juga memperkenalkan tokoh 'berambut putih' serta sederet kinerjanya selama memimpin Jawa Tengah kepada warga setempat. 

"Ada program-program bapak Ganjar Pranowo di Jawa Tengah itu yang sangat tersentuh ke nelayan. Ada bantuan untuk nelayan dari bapak Ganjar Pranowo ketika beliau memimpin di Jawa Tengah seperti subsidi minyak gratis, solar gratis, terus ada aplikasi Siandin (Sistem Informasi Kelautan dan Perikanan) yang dilakukan oleh pak Ganjar Pranowo," pungkas Bagja. 

Sebagai informasi, KNP Sumsel terus bergerak kontinyu menjaring aspirasi para nelayan di wilayah Sumsel. Di sisi lain, relawan Ganjar itu juga bakal melakukan berbagai program dan aksi nyata untuk membantu nelayan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya