Pengamat Yakin Jokowi Effect Berpengaruh pada Elektoral Prabowo

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menjadi panelis dalam Pertemuan Shangri-La Dialogue di Singapura, Sabtu, 3 Juni 2023.
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta – Keberhasilan Prabowo Subianto dalam menjalankan amanah rakyat sebagai Menteri Pertahanan RI didorong Jokowi Effect di akar rumput. Hal itu dikemukakan Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Salahudin

Prabowo: Jika Tidak Mau Kerja Sama, Jangan Ganggu Kami

Menurut Salahudin, kesempatan itu membuat Prabowo semakin dekat dengan Jokowi dalam garis struktur Presiden dan Menteri, sehingga turut memberi dampak elektoral untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. “Jokowi Effect dapat menjadi bagian dari kekuatan politik memenangkan Pilpres 2024,” kata Salahudin dikutip Senin, 28 Agustus 2023. 

Salahudin melanjutkan, sinyal-sinyal Presiden Jokowi mendukung Prabowo saat ini semakin banyak. Hal itu juga, menurut dia, tidak terlepas dari persepsi masyarakat Indonesia yang menilai bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta itu merupakan Presiden yang berhasil menjalankan fungsi pemerintahan dengan baik. 

Jokowi: Tilapia Fish Cultivation Has Huge Global Demand

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya.

“Masih banyak sinyal dukungan Jokowi kepada Prabowo. Berdasarkan survei nasional, masyarakat Indonesia menilai Jokowi adalah Presiden yang berhasil menjalankan fungsi pemerintahannya dengan baik,” katanya. 

President Jokowi Ensures to Extend Export Permits for Freeport

Adanya kedekatan antara Prabowo dan Presiden Jokowi itu, membuat daya elektoral bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) tersebut semakin menguat pada kontestasi Pilpres 2024.  Hal itu terekam dari hasil survei yang diadakan oleh lembaga survei Voxpol Center Research & Consulting periode 24 Juli – 2 Agustus 2023.

Dari hasil survei yang diadakan oleh Voxpol Center tersebut, Prabowo berhasil mendapatkan dukungan terbesar dengan persentase 36,5 persen. Kemudian diikuti dengan perolehan dukungan bakal capres PDIP, Ganjar Pranowo dengan total 30,4 persen dan bakal capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan yang mengantongi dukungan sebanyak 26,4 persen. 

Lantaran itu, Salahudin meyakini Jokowi Effect memang berpengaruh besar pada daya elektoral orang nomor satu di Partai Gerindra itu jelang Pilpres 2024. Namun, ia menekankan, Prabowo harus bekerja lebih keras, cerdas serta strategis untuk bisa memastikan kemenangan pada Pilpres 2024. 

“Pertanyaannya adalah mampukah Prabowo mendapatkan Jokowi Effect? Jika Jokowi pada akhirnya benar-benar mendukung Prabowo, apakah Prabowo dapat memenangkan Pilpres 2024? Prabowo butuh kerja keras, cerdas, dan strategis untuk memastikan itu semua sebagai modal memenangkan Pilpres 2024,” ujar Salahudin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya