Kapolres Dairi AKBP Reinhard Minta Maaf Telah Aniaya Anak Buah, Janji Tak Ulangi Lagi

Kapolres Dairi, AKBP Reinhard H Nainggolan, saat menjenguk kedua korban di RS
Sumber :
  • VIVA/BS Putra

DairiKapolres Dairi, AKBP Reinhard H Nainggolan, angkat bicara terkait dugaan penganiayaan dilakukannya terhadap dua anggotanya di Polres Dairi. Ia menyebutkan bukan penganiayaan, tapi bagian dari hukuman terhadap anggota dinilai tidak bertugas secara profesional. 

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Reinhard menjelaskan kronologi kejadian tersebut, Senin dini hari, 28 Agustus 2023. Berawal dirinya, melakukan pengecekan terhadap perwira pengawas dan personil piket SPKT. 

Kemudian, piket fungsi operasional dan piket RTP atau Rumah Tahanan Polri, ditemukan petugas yang melaksanakan piket jaga, tidak merespons panggilan di HT (Handy Talkie). 

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Selanjutnya, Reinhard memanggil dan  mengumpulkan perwira pengawas dan petugas piket memberikan teguran lisan serta tindakan disiplin berupa hormat bendera. 

Kapolres menuju ke barisan piket dan menanyakan kenapa tidak menjawab panggilan radio HT dan dijawab petugas piket Intelkam HT tidak berfungsi baik.

Aniaya Pecalang di Bali, Polisi Tangkap Dua Bule Amerika

Kapolres Dairi, AKBP Reinhard H Nainggolan, saat menjenguk kedua korban di RS

Photo :
  • VIVA/BS Putra

Untuk memastikan, Reinhard mengecek langsung ternyata HT tersebut berfungsi baik, dan kedua anggota yang menjawab itu diberikan teguran serta tindakan fisik. 

Setelah itu Kapolres, para pejabat Polres, perwira pengawas serta seluruh petugas piket meninggalkan lapangan apel, sedangkan kedua petugas piket Intelkam, atau korban masing-masing berinsial Bripka DS dan Bripka HS dibawa ke ruang propam. 

Atas kejadian itu, Reinhard baru mengetahui dua petugas piket Intelkam yang diberikan teguran dan tindakan disiplin tersebut, berobat dan dirawat ke RSUD Sidikalang setelah selesai pelaksanaan zoom meeting. 

Untuk memastikan anak buahnya dalam kondisi sehat Kapolres menjenguk dan diketahui, memiliki penyakit bawaan yaitu syaraf terjepit dan hipertensi. 

Atas peristiwa itu, Kapolres Dairi, AKBP Reinhard dengan lapang dada meminta maaf kepada kedua anggotanya, dan mengakui kesalahannya serta tidak mengulanginya kembali. 

“Saya meminta maaf atas kejadian tersebut dan berjanji tidak akan mengulangi kembali,” ungkap AKBP Reinhard dalam keterangan tertulis, dikutip VIVA, Kamis 31 Agustus 2023. 

Sebelumnya, Kepala Bidang Humas Polda Sumut, Kombes Pol. Hadi Wahyudi mengungkapkan Bidang Propam Polda Sumut, sudah turun ke Polres Dairi, untuk melakukan penyelidikan kasus dugaan penganiayaan dilakukan Kapolres terhadap anggotanya.  

"Itu sedang didalami oleh propam, kita tunggu ya," ucap Hadi. 

Disinggung sudah berapa saksi dimintai keterangan. Lagi-Lagi Hadi mengatakan belum menerima laporan."Masih didalami sama Propam," tutur perwira melati tiga itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya