Mewah! Anak Mantan Menteri Lamar Gadis dengan Mahar Rp10 Miliar, 1 Alphard dan 2Kg Emas

Andi Amar Ma'ruf Sulaiman (Baju hitam) Anak Mantan Menteri Andi Amran Sulaiman
Sumber :
  • Instagram @andiamarms

Sulawesi Selatan – Prosesi lamaran atau mappettuada putra sulung Mantan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman banyak menyita perhatian masyarakat. Sebab, putra sulungnya yang bernama Andi Amar Ma'ruf Sulaiman itu melangsungkan prosesi lamaran dengan uang panai atau mahar yang fantastis. 

Viral Fortuner Pelat Polri Ugal-ugalan, 2 Pemuda Tanggung Biadab Cekoki Lalu Perkosa Siswi SMP

Uang panai yang diberikan kepada calon istrinya senilai Rp 10 Miliar ditambah dengan 1 unit mobil Toyota Alpard, 1 unit rumah mewah dan 2 Kg emas.

Ilustrasi Emas Batangan.

Photo :
  • Foto ANTARA
Geopolitik Global Makin Bergejolak, Wamen BUMN: Menyimpan Emas Paling Aman

Informasi yang diperoleh, keluarga besar bos Tiran Group itu disebut melamar seorang wanita Bugis Soppeng yang bernama Ihsani Nurul Izzah (Enon) putri pertama pasangan H. Harsono Muhammad dan Hj. Raizah Azizah Ramli.

Salah seorang keluarga besar calon pengantin wanita tersebut menuturkan bahwa prosesi sakral untuk menuju jenjang pernikahan mereka dihelat secara khidmat, elegan, dan penuh makna. Prosesinya, hanya dihadiri keluarga besar kedua calon pengantin di Hotel Claro Makassar, Minggu 3 September 2023.

Wapres Ma’ruf Amin Berharap Kabinet Prabowo-Gibran Diisi Kalangan Profesional

"Hanya dihadiri keluarga besar. Diperkirakan sekitar lebih dari 500 orang di Hotek Claro," ungkap salah satu keluarga calon mempelai wanita yang enggan disebutkan namanya,  Senin 4 September 2023.

Dia membeberkan bahwa rencana pelaksanaan akad nikah putra tertua mereka dilangsungkan pada Februari atau Maret 2024 mendatang. Adapun sosok wanita yang akan dilamar putra Amran, dia menyebut hanyalah sosok perempuan yang berasal dari keluarga baik-baik dan bukan keluarga pejabat maupun ningrat. Adapun detailnya belum dijelaskan lebih jauh.

"Calon istri Andi Amar ini orang biasa bukan keluarga pejabat. Dulunya dia hanya teman kuliah waktu di Unhas," tuturnya.

Lebih lanjut, dia juga mengungkapkan bahwa uang panai yang merupakan tradisi wajib dalam pernikahan di masyarakat Bugis-Makassar telah disiapkan senilai Rp 10 miliar ditambah 2 kilogram emas, dua unit mobil, dan satu rumah mewah.

"Uang lamarannya atau uang panai Rp 10 miliar yang mencakup 2 kilogram emas, mobil, dan rumah. Acara mappettuada di Hotel Claro. Sudah dibooking semua kamar hotel di hari H," bebernya.

Sekedar diketahui, Uang panai merupakan salah satu uang yang diberikan calon pengantin pria kepada calon pengantin wanita untuk membiayai pernikahan mereka.

Uang panai dapat juga diartikan sebagai simbol dari perjuangan, keuletan, serta keseriusan calon mempelai pria dalam meminang calon mempelai wanita. Uang panai dikenal sebagai salah satu tradisi yang sudah sangat melekat di suku Makassar dan Bugis.

Andi Amran Sulaiman saat menjabat Mentan

Photo :

Adapun sang mempelai pria yakni Andi Amar Ma'ruf Sulaiman dikenal sebagai tokoh muda asal Sulsel yang namanya telah dikenal melalui berbagai organisasi yang dijajakinya.

Putra pertama dari 4 bersaudara ini ini dipercaya menakhodai AAS Community. Kemudian, dia juga dikenal punya segudang prestasi baik dari akademis maupun di organisasi. Keponakan Eks Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman ini adalah lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin dan Pondok Modern Darussalam Gontor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya