Baru Dilantik, Ini Profil PJ Gubernur NTT Ayodhia Kalake

Ayodhia Kalake
Sumber :

VIVA Nasional –  Republik Indonesia, Joko Widodo telah memutuskan 10 nama sebagai PJ Gubernur di sejumlah provinsi. Jabatan para gubernur-wakil gubernur dari sejumlah provinsi itu berakhir September ini. Satu dari 10 Pj Gubernur itu adalah Ayodhia Kalake.

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Ungkap 2 Hal yang Dilakukan Guna Mencegah Korupsi

10 nama tersebut telah resmi dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, pada Selasa, 5 September 2023 di Kantor Kemendagri. 

Ayodhia Kalake telah ditunjuk oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk menjadi PJ Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) menggantikan Viktor Bungtilu Laiskodat yang telah berakhir masa jabatannya pada 5 September 2023.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Ayodhia Kalake

Photo :

Namun diketahui bahwa sebenarnya Ayodhia Kalake tidak termasuk dalam daftar nama Pj Gubernur NTT yang diusulkan oleh DPRD setempat. Namun sosok Sekretaris Kemenko Marves itu, ditunjuk langsung oleh Presiden Jokowi, sehingga membuat pihak DPRD Provinsi hormati keputusan itu.

Polisi Berhasil Gagalkan Penyelundupan 24 WNI ke Malaysia Secara Ilegal

"Kami tentu menghormati keputusan Presiden Joko Widodo yang telah menetapkan Ayodhia G. L. Kalake sebagai penjabat Gubernur NTT, karena hal itu menjadi kewenangan presiden," ujar Emilia Nomleni, Ketua DPRD NTT melansir ANTARA News, Selasa, 5 September 2023.

Berikut profil singkat Ayodhia Kalake:

Ayodhia G.L Kalake atau yang juga akrab disapa Odi Kalake merupakan pria keturunan Adonara, Flores Timur, NTT yang lahir dan menghabiskan masa kecil hingga besarnya di Bandung, Jawa Barat.

Ayodhia Kalake meraih gelar Sarjana dari Universitas Padjajaran dan menempuh program Magister di Universidad De Complutense, Madrid, Spanyol. Pada 2020, Ayodhia Kalake menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi.

Ia pernah menjabat sebagai Asisten Deputi Delimitasi dan Zona Maritim dan Kawasan Perbatasan Kemenkomarves. Kemudian menjabat Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenkomarves.

Pada 25 Mei 2021, Ayodhia Kalake diangkat menjadi anggota Dewan Komisaris PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), menggantikan Letjen (Purn) Sumardi.

Kariernya semakin melejit sejak menjabat sebagai Sekretaris di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) sejak 3 Januari 2022, dan dilantik oleh Menkomarves langsung, Luhut Binsar Panjaitan.

Selain Ayodhia, ada sejumlah penjabat gubernur yang dilantik hari ini, di antaranya mantan Kapolda Metro Jaya Nana Sudjana menjadi Pj Gubernur Jawa Tengah. Kemudian Hasanudin sebagai Pj Gubernur Sumatra Utara, Sang Made Mahendra Jaya sebagai Pj Gubernur Bali. Selain itu, Ridwan Rumasukun sebagai Pj Gubernur Papua, Harrison Azroi sebagai Pj Gubernur Kalbar, Andap Budhi sebagai Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, dan Bachtiar Baharuddin sebagai Pj Gubernur Sulawesi Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya