Jokowi Minta Ini Saat Pertemuan dengan Sekjen PBB di KTT ke-43 ASEAN

Pembukaan KTT ASEAN ke-43
Sumber :
  • gallery.asean

JakartaDi sela KTT Ke-43 ASEAN, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, pada Kamis, 7 September 2023.

9 Calon Anggota Pansel Capim KPK, 5 dari Unsur Pemerintah dan 4 Masyarakat

Jokowi mengatakan harapan dunia kepada PBB makin besar untuk menciptakan perdamaian dunia, karena saat ini situasi global sedang memprihatinkan. Makanya, Jokowi mendorong sinergi ASEAN dengan PBB dalam upaya menjaga perdamaian di kawasan.

"Yang Mulia, diperlukan sinergi antara ASEAN dan PBB untuk menjaga perdamaian dan tangani isu penting di kawasan, termasuk isu Myanmar," kata Jokowi.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres (tengah) pada konferensi pers di sela-sela KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, Kamis 7 September 2023.

Photo :
  • ANTARA/Yuni Arisandy.

Kemudian, Jokowi menyampaikan kontribusi ASEAN bagi kawasan Indo-Pasifik melalui implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP). "Mengenai Indo-Pasifik, ASEAN kembali berikan kontribusi melalui ASEAN Outlook on the Indo-Pacific yang diterjemahkan dalam kerja sama konkret," ujarnya.

Pakar: Penambahan Kementerian yang Direncanakan Prabowo Harus Ubah Regulasi

Sementara Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres mengapresiasi kepemimpinan Indonesia dan upaya diplomasi yang luar biasa di ASEAN dan G20. Tentu, kata dia, PBB akan bertekad untuk mengembangkan kerja sama dengan Indonesia maupun ASEAN.

"Kami bertekad untuk mengembangkan sebanyak mungkin kerja sama kita di Indonesia, dan kerja sama kita di ASEAN. Selamat kepada Bapak Presiden atas kepemimpinan Anda yang luar biasa di ASEAN selama periode ini," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya