Presiden Jokowi Terima Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol di Istana Merdeka

Presiden Jokowi Terima Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

JakartaPresiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kenegaraan Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol bersama Ibu Negara Kim Keon Hee di Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat, 8 September 2023.

Habiskan Anggaran Hampir Rp1 Triliun, Apa Saja Fasilitas yang Dimiliki IDTH Kemenkominfo

Kunjungan kehormatan Presiden Korea Selatan ini disambut oleh Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Selain itu, Yoon Suk disambut juga dengan upacara penyambutan oleh Tim Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Presiden Jokowi Terima Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris
Bey Machmudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House

Begitu tiba, Yoon Suk diajak masuk oleh Presiden Jokowi ke ruang credential untuk mengisi atau menandatangani buku tamu yang telah disediakan. Kemudian, Presiden Jokowi mengajak Presiden Yoon untuk foto bersama.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan Presiden Yoon pindah ke ruang oval untuk melakukan pertemuan bilateral antara Indonesia dengan Korea Selatan.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Jokowi: Investasi Terus Masuk

Tampak, Jokowi didampingi sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, diantaranya Menteri Sekretaris Negara, Pratikno; Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto; Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Selain itu, tampak juga Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi; Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia; Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo; dan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menutup Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta pada Kamis, 7 September 2023. Tentu, Jokowi mengapresiasi kepada seluruh pemimpin dan undangan yang hadir selama 3 hari.

“12 pertemuan KTT telah diselenggarakna dan menghasilkan 90 outcome dokumen dan sejumlah kesepaktan- konkret dengan mitra,” kata Jokowi.

Selama pertemuan, Jokowi menangkap optimisme dan energi yang positif dari seluruh yang hadir. Jujur, kata Jokowi, pertemuan KTT ASEAN ini menguatkan harapan, semangat untuk terus melanjutkan perjuangan, mewujudkan kawasan yang damai, kawasan yang stabil dan kawasan yang sejahtera.

“Mari kita kukuhkan kawasan Indo Pasifik sebagai teater perdamaian dan inklusifitas, ini adalah pondasi kunci yang akan mengantrakan ASEAN ke masa depan lebih baik untuk rakyat dan untuk dunia,” jelas dia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menutup KTT ASEAN ke-43

Photo :
  • gallery.asean

Diketahui, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada Selasa, 5 September 2023. Perhelatan yang dihadiri 11 negara ASEAN dan sembilan negara mitra akan berlangsung sampai 7 September 2023.

Dua negara lainnya yang diundang adalah Bangladesh sebagai Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA), dan Kepulauan Cook selaku Ketua Pasific Island Forum (PIF).

Dikutip dari laman resmi Sekretariar Kabinet, Presiden Jokowi diagendakan akan memimpin 12 pertemuan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN. Rangkaian pertemuan tersebut yaitu KTT ke-43 ASEAN dalam format plenary dan retreat, KTT ke-26 ASEAN-Tiongkok, KTT ke-24 ASEAN-Korea Selatan, KTT ke-26 ASEAN-Jepang, dan KTT ke-11 ASEAN-Amerika Serikat.

Pertemuan lainnya KTT ASEAN-Kanada, KTT ke-26 ASEAN Plus Three, KTT ke-20 ASEAN-India, KTT ke-3 ASEAN-Australia, KTT ke-18 Asia Timur (EAS), dan KTT ke-13 ASEAN-Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya