Minggu Malam, Gempa Bumi Guncang Kabupaten Karo Sumatera Utara

Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.
Sumber :
  • ANTARA/Shutterstock/pri.

Karo –  Gempa bumi mengguncang Kabupaten Karo, Sumatera Utara, dengan kekuatan magnitudo 3,9. Gempa bumi itu, terjadi pada Minggu malam, 10 September 2023, sekitar pukul 21.40 WIB. 

Indonesia Terancam Cuaca Panas Ekstrem, Berikut Tips Menjaga Kulit Tetap Sehat

"Hasil analisa BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofiska), menujukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=3,9. Episenter terletak pada koordinat 2.94 LU dan 98.53 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 18 km Tenggara Kabupaten Karo Sumatera Utara pada kedalaman 10 km," ucap Kepala BMKG Wilayah I Medan, Hendro Nugroho dalam keterangan tertulisnya.

Hendro menjelaskan jenis dan mekanisme gempa bumi, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas sesar lokal di Kabupaten Karo. 

PKB Dorong Edy Rahmayadi Kembali Maju di Pilgub Sumut 2024

"Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat, berupa guncangan dirasakan di Kabanjahe atau getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu, Sidikalang getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang," jelas Hendro.

Hendro mengatakan hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa tidak ada kejadian gempa bumi susulan.

Aparat Gabungan TNI-Polri Rebut Wilayah Homeyo Intan Jaya Papua dari OPM

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan Kebenarannya," sebut Hendro.

Ilustrasi BMKG mendeteksi dini potensi cuaca

Indonesia Dilanda Gelombang Panas? Begini Penjelasan BMKG

Sebagian masyarakat kerap mengeluhkan tingginya suhu di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir. Ada dugaan hal itu adalah akibat gelombang panas.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024