Jokowi Tunjuk Luhut Jadi Ketua KTT AIS Forum 2023 di Bali

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan dan Presiden Jokowi.
Sumber :
  • Instagram @luhut.pandjaitan

JakartaPresiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menjadi Ketua Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) forum internasional negara pulau dan kepulauan (Archipelagic and Island States Forum/AIS).

Istana Sebut Nama-nama Anggota Pansel KPK Akan Diumumkan Bulan Ini

Penunjukan Luhut tersebut berdasarkan Surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20 Tahun 2023 tentang Panitia Nasional Penyelenggara Konfernsi Tingkat Tinggi Forum Negara Pulau dan Kepulauan Tahun 2023, dan termaktub dalam Pasal 7 Ayat (1).

“Ketua Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi; Wakil Ketua I Menteri Luar Negeri; Wakil Ketua II Menteri Kelautan dan Perikanan,” demikian bunyi salinan Keppres yang dikutip pada Rabu, 13 September 2023.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Menteri koordinator maritim dan investasi, Luhut Binsar Pandjaitan

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Sementara, tugas panitia nasional KTT AIS Forum 2023 ini antara lain menyusun dan menetapkan rencana induk, termasuk di dalamnya penentuan tema dan agenda rangkaian kegiatan penyelennggaraan KTT AIS Forum 2023.

Prabowo Mau Buat Presidential Club, Ganjar: Bagus-bagus Aja

Kemudian, menyusun dan menetapkan rencana kerja dan anggaran penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023; melakukan persiapan dan penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023; melakukan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023; dan menyusun laporan penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023. Rencananya, KTT AIS Forum 2023 ini dilaksanakan di Bali pada bulan Oktober 2023.

Sedangkan, Wishnutama Kusubandio dan Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo ditunjuk sebagai Tim Asistensi yang bertugas mendukung serta memberikan masukan, konsultasi dan advokasi dalam lingkup tugas desain dan penggunaan logo AIS Forum 2023, media dan komunikasi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Adapun, masa kerja panitia nasional terhitung sejak tanggal ditetapkannya Keputusan Presiden ini sampai dengan tanggal 31 Desember 2023. Sementara, Keputusan Presiden ini ditetapkan dan ditandatangani oleh Presiden Jokowi pada Senin, 11 September 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya