Pemerintah Dinilai Wajib Selamatkan Rakyat Pulau Rempang dari Aksi Sewenang-wenang

Bentrok aparat vs warga di Pulau Rempang
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta – Mantan Sekjen Partai Priboemi, Heikal Safar, angkat bicara terkait relokasi warga di Pulau Rempang. Dia mengatakan peristiwa itu sudah terindikasi sejak lama, hanya saja pemerintah diduga tidak tegas berpihak kepada kepentingan rakyat yang sesungguhnya. 

Hormati Putusan MK, Ganjarist: Pertarungan Pilpres Sudah Selesai Namun Perjuangan Kami Belum

"Saya sebagai Eks Sekjen Partai Priboemi dan elemen masyarakat di seluruh Indonesia sangat prihatin karena sungguh ironis mereka yang notabene adalah warga asli Pribumi yang nasibnya terzolimi lantaran terusir dinegerinya sendiri," ujar Heikal Safar dalam keterangan tertulisnya, Selasa 12 September 2023.

Kericuhan memanas buntut sengketa lahan di Pulau Rempang dan Galang, Batam

Photo :
  • Ist
Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke PDI Perjuangan

Bakal Calon Walikota Bekasi 2024 ini menegaskan, bahkan masih banyak lagi daerah-daerah di Indonesia yang diduga menimbulkan potensi kasus-kasus yang serupa  dengan Pulau Rempang, Kepulauan Riau tersebut. Dia menilai nasib rakyat kecil di negeri tercinta ini yang kehidupannya masih tertindas sehingga ikut menggugah hati sanubari.

"Saya menjadi bertanya-tanya kepada pemerintah selaku pemangku kebijakan, dimana ya letak Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia? jika tanah air beserta kekayaan negara hanya dikuasai oleh segelintir orang saja," kata Heikal.

Survei LSI: Mayoritas Rakyat Percaya Kejagung Bakal Usut Tuntas Kasus Korupsi Rp 271 T

"Dan konyolnya satu keluarga Konglomerat kekayaannya sebanding dengan ratusan juta rakyat Indonesia," tambahnya.

"Ingat! Bahwa cita -cita Kemerdekaan Indonesia  17 Agustus  1945 adalah untuk  mengangkat  Harkat, Derajat, dan Martabat Pribumi Bukan malah  Sebaliknya," kata Heikal Safar.

Menurut Heikal Pemerintahan Presiden Jokowi wajib melindungi hak - hak warga yang terdzalimi. "Kasihan mereka, hingga menjadi korban kekejaman pihak-pihak ataupun oknum-oknum pemangku kebijakan yang tidak bertanggung jawab," katanya.

Petugas membersihkan sisa pohon dan ban yang dibakar warga di Pulau Rempang

Photo :
  • ANTARA/Yude

Oleh karena itu, lanjut Heikal, Pribumi wajib bersatu untuk melawan kesewenang - wenangan dan ketidakadilan. Jangan pernah takut dan gentar dengan penguasa dan pengusaha yang dzalim dan mengintimidasi rakyatnya sendiri. 

"Jiwa patriot  kita pribumi ini dikobarkan Seperti semangat juang berani berkorban demi membela kebenaran dan keadilan hukum untuk kemakmuran rakyatnya yang ditanamkan oleh Almarhum  Ketua Dewan Pembina Partai Priboemi Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso," ujarnya.

Dia mengimbau dan sekaligus berharap agar sesama pribumi anak bangsa antara penduduk Pulau Rempang dan Polisi jangan mau diadu domba sampai berkelahi hingga menjadi korban penganiayaan dikarenakan kebijakan yang tidak berkeadilan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya