Beredar Informasi Pimpinan KPK Temui Tersangka Korupsi Dadan Tri, Johanis Tanak: Saya Tidak Kenal!

Wakil Ketua KPK Johanis Tanak saat Jumpa pers terkait kasus suap di DPRD Jatim.
Sumber :
  • Antara

Jakarta – Wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johanis Tanak membantah rumor yang menyatakan bahwa dirinya bertemu dengan tahanan KPK Dadan Tri Yudanto. Dia mengaku tak mengenal tersangka kasus suap penanganan Mahkamah Agung itu.

Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Pelanggaran Etik

Sebelumnya beredar informasi seorang tahanan KPK bertemu dengan pimpinan KPK di lantai 15 gedung merah putih KPK. Pimpinan itu diduga adalah Tanak.

"Saya tidak kenal (Dadan Tri Yudanto)," ujar Tanak saat dikonfirmasi wartawan, Kamis 14 September 2023.

Nurul Ghufron Laporkan Albertina Ho ke Dewas, KPK: Itu Keputusan Sendiri bukan Kolektif Kolegial

Gedung KPK (Foto Ilustrasi)

Photo :
  • KPK.go.id

Tanak menjelaskan bahwa dia tidak pernah melakukan pertemuan bahkan interaksi dengan Dadan Tri.

Laporkan Albertina Ho ke Dewas KPK, Nawawi: Itu Sepenuhnya Sikap Nurul Ghufron

Diketahui, Dadan Tri Yudanto adalah salah satu tersangka kasus suap di lingkungan Mahkamah Agung (MA) bersama dengan Sekertaris MA, Hasbi Hasan.

"Saya tidak punya kepentingan dengan dia, apalagi untuk berinteraksi," ucapnya.

Dalam informasi yang beredar tentang pertemuan pimpinan KPK dengan tahanan di lantai 15 gedung lembaga antirasuah tersebut diduga terjadi pada tanggal 28 Juli 2023. Kendati, lagi-lagi Tanak membantahnya karena pada saat itu dia hanya bertemu dengan sejumlah petinggi TNI lantaran membahas kasus dugaan korupsi Kabasarnas Marsekal Madya (Marsdya) TNI Henri Alfiandi (HA) dan bawahannya.

"Saya tidak tahu adanya pertemuan tersebut karena selesai rapat dengan TNI, dan selesai doorstop (bertemu wartawan), saya langsung pergi latihan menembak," bebernya.

Sebelumnya diberitakan, Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku menerima informasi soal adanya tahanan korupsi yang datang ke lantas 15 Gedung Merah Putih KPK. Di lantai tersebut terdapat ruangan pimpinan KPK.    

"Ya, informasi masih didalami," kata Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris saat dikonfirmasi awak media, Selasa, 12 September 2023. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya