Ranjau Bom Ditemukan Warga, Jibom Gegana Brimob Polda Jambi Turun Tangan

Penjinak bom Gegana Brimob Polda Jambi
Sumber :
  • Syarifuddin Nasution (Jambi)

Jambi - Jambi dihebohkan temuan ranjau bom di Kelurahan Olak Kemang, Kecamatan Danau Teluk, Kota Jambi. Tim penjinak bom (Jibom)  Gegana Brimob yang mendapatkan informasi langsung meledakan di tanah.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Informasi dihimpun VIVA, penemuan berawal saat seorang warga bernama Rusdianto membersihkan kolam tanah dekat sawah. Sontak terkejut ketika kakinya menginjak benda bulat, ia yang mengira batu langsung mengambilnya dan sontak terkejut benda yang dipegang besi berat yang sudah berkarat dan ia pun langsung melaporkan ke pihak kepolisian.

Kapolsek Danau Teluk, Iptu M.Choirul Umam Fauzy saat dikonfirmasi membenarkan ada warga menemukan benda besi bulat seperti granat dan untuk memastikan, ia pun langsung berkomunikasi dengan tim Jibom Gegana Brimob Polda Jambi.

Geger! Warga Temukan Mayat Dalam Koper Hitam di Cikarang Bekasi

Penjinak bom Gegana Brimob Polda Jambi

Photo :
  • Syarifuddin Nasution (Jambi)

"Ya benar ada benda bulat seperti Granat namun tim Jibom yang paham apakah granat atau tidak," ujarnya, Jumat (15/9/2023).

Kondisi Gaza Jauh Lebih Hancur Dibanding Kota di Jerman Pada Perang Dunia II

Terpisah, Ipda Muhamad Amin, Kanit Jibom Gegana Brimob Polda Jambi saat dikonfirmasi mengatakan, sebelum berangkat, tim Jibom mendapatkan informasi dapat Kapolsek Danau Teluk bahwa warga ada menemukan benda granat dan tim langsung berangkat kelokasi penemuan.

"Jadi Kami datang, kami identifikasi dulu," jelasnya.

Amin menegaskan, dari bentuk yang ditemukan bukan granat melainkan ranjau bom yang bentuknya bulat peninggalan zaman perang Belanda - Jepang dan dari hasil disfosal, benda tersebut sangat membahayakan sekali.

"Masih sangat membahayakan ranjaunya  ,apabila tersentuh sesuatu yang berat akan meledak dan ranjau tersebut ranjau anti tank kalau ranjau manusia bukan seperti itu,"tuturnya.

Ia mengharapkan kepada masyarakat, apabila masyarakat menemukan benda bulat seperti ranjau atau granat laporkan ke pihak berwajib dan jangan sampai mencoba mengambil tindakan sendiri terhadap barang tersebut.

"Yang diledakan tadi masih aktif dan tadi sudah kita ledakan dan hancurkan rangkaiannya,jadi tidak ada lagi membahayakan dari benda tersebut," tuturnya 

Sementara itu, Rusdianto merupakan warga yang pertama kali menemukan benda ranjau bom, ia yang awalnya memasukkan tanaman ke dalam kolam tanah langsung terkejut ketika kakinya menginjak benda bulat seperti batu dan saat diambilnya langsung takut karena bentuknya seperti granat dan berat. 

"Saya kira itu batu rupanya ranjau bom bulat dan saya temukan itu Kamis sore, 14 September 2023 sekitar pukul 17.30 WIB," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya