Zulhas wanti-wanti Bulog: Jangan Sampai Stok Beras Kosong

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan
Sumber :
  • Dokumentasi Kemendag

Pekanbaru – Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan bagi-bagi 350 pax karung beras gratis ke ibu-ibu di Pekanbaru. Pembagian beras ini bertujuan untuk meringankan beban warga lantaran harga beras masih mahal. 

Zulhas Tak Persoalkan Jumlah Jatah Menteri untuk PAN di Pemerintahan Prabowo-Gibran

“Sekarang masyarakat lagi susah karena harga beras mahal, betul? Agar rakyat tidak susah, kita bantu,” ujar Zulhas, Sabtu 16 September 2023.

Zulhas menyebut, dalam kondisi seperti ini semua pihak harus saling membantu.

Logistik Bantuan Korban Banjir Ada Kutu Beras, BPBD Tangerang Minta Maaf

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di Pekanbaru

Photo :
  • Dokumentasi Kemendag

“Siapapun kita harus bersatu, kalau ada keluarga susah ditolong. Beras naik, ada yang susah, kita bantu beras. Kalau petani susah kurang pupuk, kita bantu juga pupuk. Kalau kemarin minyak goreng susah, kita bantu minyak goreng,” ucapnya.

Wuling Cloud EV Sudah Bisa Dipesan, Segini Harganya

Soal harga beras yang masih mahal, Ketum PAN ini menyebut hal ini lantaran sebelumnya minim suplai sehingga membuat harga melonjak. Meski demikian, masyarakat tak perlu khawatir karena stok beras di Indonesia aman.

“Makanya Bulog saya minta, jangan sampai (stok) nggak ada. Beras banyak,” ucapnya.

“Kalau beras kurang, lapor, pasti dikirim. Pasar harus dibanjiri, agar harga bisa turun. Kita punya stok banyak nggak usah takut. Ada 1,6 juta ton beras, dan tambahan 400 ribu ton, jadi ada 2 juta ton cadangan,” kata dia.

Menteri Perdagangan

Photo :
  • Dokumentasi Kemendag

Kegiatan Zulhas mentraktir beras ini pun mendapat antusiasme dari warga di sekitar Pasar Palapa. Bahkan, tak sedikit bapak-bapak yang ikut antre untuk mendapatkan beras gratis. Beberapa warga juga terlihat berfoto bersama Zulhas.

“Terima kasih Pak Menteri,” ucap para warga.

Sebagai informasi, sebelumnya bersama Presiden RI Joko Widodo, Zulhas juga telah mengecek ketersediaan beras di beberapa gudang Bulog seperti di Karawang dan Kelapa Gading. Berdasarkan pantauan, stok beras Bulog tergolong aman. Bersama Jokowi, Zulhas juga menyalurkan bantuan cadangan beras pemerintah (CBP), yang mana akan disalurkan pada September-November 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya