Masyarakat Sudah Bisa ke Gunung Bromo Lagi, Resmi Dibuka Kembali Usai Kebakaran

Bukit Teletubbies di Kawasan Gunung Bromo
Sumber :
  • VIVA/ Uki Rama

Jawa Timur – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), telah membuka kembali wisata di Gunung Bromo pasca kebakaran yang terjadi pada Rabu, 6 September 2023. Untuk diketahui, kebakaran ini membuat area kawasan Taman Nasional hangus sekira 504 hektare. 

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Kepala Bagian Tata Usaha BB TNBTS, Septi Eka Wardhani, mengatakan pembukaan kembali wisata dilakukan setelah tim gabungan berhasil memadamkan kebakaran yang terjadi di Gunung Bromo. 

"Kunjungan Wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS), baik melalui pintu masuk Coban Trisula Kabupaten Malang, Wonokitri Kabupaten Pasuruan, Cemorolawang Kabupaten Probolinggo dan Senduro Kabupaten Lumajang, telah dibuka untuk pengunjung terhitung mulai hari Selasa, 19 September 2023 pukul 00.01 WIB," kata Septi, dikutip Selasa, 19 September 2023. 

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Petugas melihat kondisi kebakaran Gunung Bromo di Blok Watangan.

Photo :
  • VIVA/Uki Rama

Untuk pembelian karcis masuk Kawasan Bromo dan sekitarnya, jelas dia, hanya dapat dilakukan secara online melalui tautan http://bookingbromo.bromotenggersemeru.org. 

Ford Fiesta Nekat Tembus Jalur Bromo, Berujung Tersangkut di Rawa

Dengan pembelian hanya secara online tersebut, Septi menegaskan pihaknya tidak melakukan pembelian tiket offline. 

"Tidak ada pembelian karcis Bromo secara offline di seluruh pintu masuk, kecuali system booking online sedang bermasalah. Calon pengunjung diwajibkan untuk mematuhi seluruh peraturan dan larangan berlaku di dalam kawasan TN BTS yang tercantum di website booking online," ujar Septi. 

Selain itu, bagi pengunjung yang telah melakukan pembelian karcis melalui booking online pada 7 hingga 18 September 2023, dapat mengajukan reschedule melalui tautan http://bit.ly/reschedulebromo092023.

Sedangkan untuk kunjungan Wisata ke Ranu Regulo dan Ranu Darungan, juga telah dibuka untuk pengunjung. Pembelian karcis masuk Ranu Regulo dan Ranu Darungan dapat dilakukan melalui pembelian langsung di pintu masuk Ranu Regulo dan Ranu Darungan. 

"Sedangkan untuk pendakian Gunung Semeru masih ditutup karena tingkat aktivitas kegunungapiannya masih pada Level III, Siaga," tutur Septi.

Balai Besar TNBTS selaku otoritas pariwisata dikawasan itu, mengimbau kepada seluruh pengunjung dan pelaku jasa wisata mematuhi prosedur masuk. Termasuk peraturan dan larangan yang berlaku di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

"Mengingat saat ini masih dalam masa waspada kebakaran hutan agar tidak membawa peralatan yang bisa menimbulkan kebakaran hutan antara lain api unggun, perapian, kembang api, petasan, dan flare untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bersama," kata Septi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya