Banjir Curah Hujan Tinggi Melanda Sejumlah Lokasi di Pasaman Barat

Banjir menggenangi rumah warga di Silawai-Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat, akibat tingginya curah hujan di daerah itu, Rabu malam, 20 September 2023.
Sumber :
  • ANTARA

Pasaman BaratBanjir melanda sejumlah lokasi di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat, akibat curah hujan tinggi yang melanda daerah itu sejak Rabu sore hingga malam, 20 September 2023.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

"Informasi awal banjir melanda wilayah Silawai-Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas yang mengakibatkan arus transportasi terganggu hingga malam ini, karena ketinggian air mencapai 0,5-1 meter," kata Kepala Bidang Pencegahan dan kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat Zulkarnain di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengatakan, petugas BPBD saat ini sedang melakukan pendataan berapa jumlah rumah yang terdampak banjir tersebut. Berdasarkan data sementara tidak ada korban jiwa, katanya.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Ilustrasi mobil menerjang banjir

Photo :
  • VIVA/Krisna Wicaksono

BPBD juga telah menurunkan sejumlah personel untuk memantau kondisi sejumlah sungai yang ada di Pasaman Barat.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Ia mengatakan hujan lebat terjadi sejak Rabu sore hingga malam. Sejumlah lokasi tergenang air dan menggenangi rumah warga, di antaranya di Silawai Air Bangis, Simpang Pasaman Baru, Bundaran Simpang Empat, dan Bandarjo.

Ia meminta warga meningkatkan kewaspadaan terhadap banjir dan longsor, karena hingga Rabu malam hujan juga belum reda. Pasaman Barat memiliki lima aliran sungai yang menjadi langganan banjir setiap hujan melanda daerah itu. Lima aliran sungai yang rawan banjir itu, yakni Sungai Batang Pasaman, Batang Sikabau, Batang Bayang, Batang Batahan, dan Sungai Anak Air Haji.

"Setiap hujan lebat air sungai itu selalu meluap dan menggenangi rumah warga sekitar," katanya.

Ilustrasi hujan

Photo :
  • VIVA/Satria Zulfikar

Ia mengajak masyarakat yang berada di titik rawan banjir lebih waspada saat curah hujan tinggi atau hujan di hulu sungai.

Menurutnya, selain di lima sungai besar itu, warga yang berada di daerah perbukitan, pegunungan dan di pesisir pantai juga agar selalu waspada. Sebab, Pasaman Barat juga rawan longsor, terutama di Kecamatan Talamau dan rawan abrasi di pantai Sasak. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya