Patung Bung Karno di Banyuasin Jadi Sorotan, Terlihat Tembam dan Gemuk

Patung Bung Karno di Banyuasin, Sumatera Selatan
Sumber :
  • Sadam Maulana (Palembang)

Palembang - Pembangunan tugu Ir. Soekarno di kawasan Bung Karno Sport Center, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, sudah hampir selesai. Namun, pembangunan tugu Presiden Pertama Republik Indonesia tersebut menjadi sorotan, lantaran wajah Bung Karno sedikit lebih tembam.

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Ungkap 2 Hal yang Dilakukan Guna Mencegah Korupsi

Tidak hanya itu, baju yang dikenakan Bung Karno juga lebih besar. Sehingga tubuh pria yang dijuluki Singa Podium itu terlihat lebih gemuk. Padahal, badan penyambung lidah rakyat itu tidak terlalu gemuk dan berwibawa. 

Bila dilihat secara keseluruhan, patung Bung Karno yang sedang dibangun di Bumi Sedulang Setudung tersebut, tidak ada kemiripan sama sekali dengan Bung Karno.

Pj Gubernur Agus Fatoni Sampaikan 6 Raperda Sumsel di Depan DPRD, Apa Saja?

Patung Bung Karno di Banyuasin, Sumatera Selatan

Photo :
  • Sadam Maulana (Palembang)

Terkait kontroversi tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Kabupaten Banyuasin, Ardi Arpani, menjelaskan bahwa pihaknya sudah mengecek langsung ke lokasi.

Kementan Dorong Pembentukan Koperasi Guna Bantu Petani Banyuasin Kembangkan Usaha

"Kami sudah mengecek langsung ke lokasi, kata pekerjanya belum selesai 100 persen. Jadi belum terlihat," jelas dia, Kamis, 21 September 2023.

Ardi menegaskan, jika nantinya pembangunan patung Ir. Soekarno tidak sesuai atau tidak mirip, maka pihaknya meminta pihak ketiga untuk membongkar.

"Kalau tidak sesuai ya harus dibongkar. Kami minta dibuat baru," tegas dia.

Sebagai informasi, pembangunan kawasan Bung Karno Sport Center di Jalan Lintas, Kecamatan Banyuasin, Kabupaten Banyuasin III, menelan anggaran sebesar Rp16 miliar. Sementara tugu Bung Karno menghabiskan biaya Rp500 juta.

Nantinya, di kawasan Bung Karno Sport Center akan dibangun venue sepak bola, venue futsal, volly, basket dan menembak. Kawasan ini nantinya akan menjadi pusat olahraga terpadu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya