KPK Geledah Rumah Mentan Syahrul Yasin Limpo, Bawa Koper Hitam

KPK melakukan penggeledahan di rumah dinas Mentan RI Syahrul Yasin Limpo
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana

JakartaKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan penggeledahan di rumah dinas Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Jalan Widya Chandra V nomor 28, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Penggeledahan hari ini dilakukan demi melanjutkan penggeledahan yang dilakukan pada Kamis 28 September 2023 kemarin.

Viral Fortuner Pelat Polri Ugal-ugalan, 2 Pemuda Tanggung Biadab Cekoki Lalu Perkosa Siswi SMP

Berdasarkan informasi yang diterima, petugas KPK telah meninggalkan rumah dinas Mentan SYL sekira pukul 12.13 WIB. Dari video yang diterima, ada sebanyak tujuh unit mobil kijang Innova berkelir hitam milik penyidik KPK tampak meninggalkan rumah dinas SYL.

Kemudian ketika meninggalkan rumah dinas Mentan SYL, sejumlah petugas KPK terlihat membawa sebuah koper berwarna hitam. Koper hitam itu diduga lebih dari dua unit.

Uang Haram Potong Insentif di Pemkab Sidoarjo Diserahkan Anak Buah Gus Muhdlor lewat Sopir

Pasalnya, petugas terlihat memasukkan sejumlah barang untuk dimasukan ke dalam mobil. Lalu, ada pula goody bag, hingga dokumen dan dimasukan ke dalam bagasi mobil.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Photo :
  • Humas Kementan
Periksa Dirut PT Taspen Nonaktif, KPK Bocorkan Statusnya Sudah Tersangka

Dikabarkan Mentan RI Jadi Tersangka

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan jika memang benar adanya tersangka dalam sebuah kasus korupsi pasti akan disampaikan.

"Sebagaimana yang sering kami sampaikan, KPK hanya akan sampaikan seluruh proses penanganan perkara secara utuh pada saatnya setelah semua proses penyidikan cukup dilakukan," kata Ali Kepada wartawan, Jumat 29 September 2023.

Dia menjelaskan sampai dengan saat ini KPK masih mengumpulkan sejumlah bukti lengkap. "Yang pasti pengumpulan bukti terus KPK lakukan," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan terhadap kediaman rumah dinas Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo di Jalan Widya Chandra V nomor 28, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis 28 September 2023.

Tampak sejumlah orang yang merupakan petugas KPK mengeluarkan sebuah benda berbentuk mesin penghitung uang dari bagian bagasi mobil. Kemudian benda tersebut dibawa masuk ke dalam rumah Mentan.

Ali Fikri mengatakan pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan rumah dinas Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Pusat, Kamis 28 September 2023.

"Benar, ada kegiatan tim KPK di sana," ujarnya.

Ali mengaku belum bisa menjelaskan proses da hasil penggeledahan tersebut lantaran petugas masih bekerja di lapangan "Kegiatan sedang berlangsung," ujarnya.

Syahrul Yasin Limpo pun sudah pernah dipanggil oleh KPK untuk menjalani proses pemeriksaan. Namun saat itu pemeriksaan Mentan RI hanya berkapasitas sebagai saksi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya