Rumah Digeledah, Mentan Syahrul Yasin Limpo Dikabarkan Jadi Tersangka KPK

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo Diperiksa KPK
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejauh ini masih melakukan penggeledahan di rumah dinas Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo di Jalan Widya Chandra V nomor 28, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Penistaan Agama Terkuak, Ternyata Buat Cari Endorse

Penggeledahan yang dilakukan KPK itu menyusul informasi kalau Syahrul Yasin Limpo sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri membenarkan pihaknya sudah menetapkan tersangka dalam kasus korupsi yang tengah ditanganinya.

Judi Slot Higgs Domino dan Royal Dream Dibongkar Polisi, Omzetnya hingga Rp 30 Miliar

"Sebagaimana yang sering kami sampaikan, KPK hanya akan sampaikan seluruh proses penanganan perkara secara utuh pada saatnya setelah semua proses penyidikan cukup dilakukan," kata Ali Kepada wartawan, Jumat 29 September 2023.

Penggeledahan oleh KPK.

Photo :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin
Bea Cukai dan BNN Sita dan Musnahkan 21 Kilogran Sabu di Tangerang

Dia menjelaskan sampai dengan saat ini KPK masih mengumpulkan sejumlah bukti lengkap. "Yang pasti pengumpulan bukti terus KPK lakukan," kata dia.

Tiga Klaster Korupsi di Kementan

Sebelumnya diberitakan, Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan terhadap kediaman rumah dinas Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo di Jalan Widya Chandra V Nomor 28, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis 28 September 2023.

Tampak sejumlah orang yang merupakan petugas KPK mengeluarkan sebuah benda berbentuk mesin penghitung uang dari bagian bagasi mobil. Kemudian benda tersebut dibawa masuk ke dalam rumah Mentan.

"Benar, ada kegiatan tim KPK di sana," ujar Ali Fikri.

Ali mengaku belum bisa menjelaskan proses da hasil penggeledahan tersebut lantaran petugas masih bekerja dilapangan "Kegiatan sedang berlangsung," ujarnya.

Syahrul Yasin Limpo sudah dipanggil oleh KPK untuk menjalani proses pemeriksaan pada 19 Juni 2023 lalu. Namun saat itu pemeriksaan Mentan RI hanya berkapasitas sebagai saksi.

Diketahui, KPK saat ini sedang menyelidiki tiga klaster kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Salah satunya, terkait dengan dugaan suap atau korupsi dalam penempatan jabatan di Kementan atau jual-beli jabatan.  

"Karena rekan-rekan menanyakan hal ini, kami mungkin ingin memberikan sedikit clue bahwa di dalam penanganan lidik di perkara Kementan ini ada tiga klaster," ujar Pelaksana Tugas Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur kepada wartawan dikutip pada Selasa, 20 Juni.

Asep menyebutkan, dalam pemeriksaan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo itu merupakan klaster pertama yang ada di Kementerian Pertanian RI dan masih ada klaster lainnya yang masih akan ditelusuri. KPK akan menggali dan mendalami klaster-klaster itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya