Turis China Hilang di Long Beach Labuan Bajo, Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian

Pencarian Yi Liu yang dinyatakan hilang di pantai Long Beach Labuan Bajo
Sumber :
  • Jo Kenaru

Manggarai Barat – Tim SAR Gabungan melakukan pencarian terhadap wisatawan China, Yi Liu usia (27) yang dilaporkan hilang di Long Beach, pantai yang terletak di belakang Pulau Padar Labuan Bajo Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur, Selasa 3 Oktober 2023.

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

“Kronologi yang kami dapatkan dari Kapten  Kapal Wisata Qifadzah 03 bahwa sekitar pukul 08.30 Wita Kapal Wisata Qifadzah 03 yang membawa korban dan rombongan tiba di mooring Pantai Long Beach. Selanjutnya Kapten Kapal menyarankan  agar seluruh penumpang  turun di Pantai Long Pink Beach untuk menikmati keindahan alam di sana,” ungkap Kepala Kantor Basarnas Maumere Supriyantoi Ridwan  dalam keterangan tertulis, Selasa petang.

Namun dalam pengecekan wisatawan di atas kapal waktu mau meninggalkan pantai, Yi Liu tidak ada dalam rombongan. Kru kapal sempat mencarinya di pantai tapi tidak ketemu. Aktifitas Yi Liu yang terekam sebelum dinyatakan hilang ketika dia berjalan menyusuri pantai mengenakan pakaian renang.

7 Rahasia Google

Pencarian Yi Liu di perbukitan pantai Long Beach

Photo :
  • Jo Kenaru

“Sekitar pukul 10.00 Wita seluruh wisatawan Kapal Wisata Qifadzah diinstruksikan untuk kembali ke kapal namun saat pendataan manifest penumpang korban tidak ada di tempat, dan ditemukan hasil rekaman video bahwa pukul 09.16 korban terekam sedang berjalan di bibir pantai dengan menggunakan pakaian snorkeling,” Supriyanto menjelaskan.

Turis China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Ijen, Menpar Ingatkan Pengunjung Untuk Patuhi Aturan

Setelah menerima informasi, tim SAR Gabungan langsung menuju  lokasi kejadian dengan mengerahkan Kapal RIB Pos SAR Manggarai Barat.

“Saat ini masih berlangsung pelaksanaan operasi SAR di Pantai Long Beach Labuan Bajo, hingga Pukul 16.15 Wita pencarian masih nihil.” terang Supriyanto Ridwan.

Pencarian di Darat dan Laut

Terpisah, Kepala Pos Basarnas Labuan Bajo, Edi Suryono menjelaskan, tim SAR Gabungan mengerahkan 2 tim pencari yang terdiri dari penyelam dan tim darat.

Menurut Edi, tim pencarian di daratan juga melibatkan guide, nelayan dan para pedagang di Long Beach mencari sampai di perbukitan mengingat Long Beach merupakan garis pantai yang menyatu dengan sisi belakang Pulau Padar.

Pulau Padar, Flores

Photo :
  • huffpost

"Kenapa tim daratan juga ada karena merujuk pada keterangan guide yang melihat wisatawan itu berjalan menyusuri pantai. Sementara tidak ada saksi baik guide maupun rombongan satu kapal yang melihat yang bersangkutan turun snorkeling. Dan snorkeling gear-nya masih tersimpan di daratan," ungkap Edy kepada VIVA Selasa malam.

Dengan demikian, Edy Suryono belum bisa memastikan Yi Liu tenggelam atau hilang di daratan. 

"Kita tidak bisa pastikan tenggelam atau gimana, hanya bilang hilang di Long Beach dan pencarian dihentikan jam 6 sore tadi. Pencarian malam tentu tidak efisien maka dilanjutkan besok," ujar Edy.

Ditambahkan Edy, Long Beach termasuk salah satu pantai dangkal sangat ideal untuk berenang ataupun snorkeling. "Di sana suasana ramai ada banyak pedagang dan wisatawan. Itu dangkal kok airnya juga tenang," tutupnya.

Long Beach di Pulau Padar merupakan pantai berpasir merah dan diakui lebih eksotis dari Pink Beach di Pulau Komodo.

Laporan: Jo Kenaru
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya