Mentan Syahrul Yasin Limpo 'Menghilang' di Eropa, Begini Respons KPK

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo Diperiksa KPK
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turut memberikan sebuah respons terkait dengan kabar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang menghilang ketika dikabarkan tengah bertugas di Spanyol.

Eks Penyidik KPK: Siapa Saja Bisa Daftar Capim KPK Termasuk Irjen Karyoto

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan kalau seluruh tugas lembaga antirasuah akan menuntaskan terkait dengan dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Maka dari itu, KPK tak ambil pusing saat ini ketika mendengar kabar SYL menghilang usai dikabarkan menjadi tersangka dugaan korupsi.

"Kami ingin tegaskan, seluruh kerja-kerja penyidikan perkara ini kami pastikan terus kami selesaikan," kata Ali Fikri kepada wartawan, Selasa 3 Oktober 2023.

Balas Prabowo, Ganjar Ingatkan "Yang Kerja Sama Saja Bisa Ganggu"

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri.

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana.

Ali hanya berjanji akan menyampaikan informasi dugaan korupsi secara gamblang jika proses rampung. "Pada saatnya pasti kami sampaikan perkembangannya secara utuh dan lengkap," ucapnya.

BPK Janji Usut Oknum Auditor yang Palak Kementan Rp 12 Miliar Agar Dapat WTP

Sebelumnya, Wakil menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qalbi mengaku kehilangan kontak dengan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo usai dikabarkan menjadi tersangka kasus korupsi oleh Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurut dia, kabar terakhir Menteri Syahrul di Spanyol untuk kunjungan kerja.

“Betul (posisi terakhir di Spanyol). Sampai hari ini kita terus mencari keberadaan Pak Menteri, karena memang sampai detik ini kita belum ada kabar mengenai keberadaan Pak Menteri,” kata Harvick di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa, 3 Oktober 2023.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo Diperiksa KPK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Memang, Harvick menyebut Menteri Syahrul kunjungan kerja bersama rombongan pejabat eselon I dan II Kementerian Pertanian ke Spanyol pada akhir September 2023. Namun, kata dia, ketika rombongan hendak pulang tapi Menteri Syahrul berpisah.

“Kembali ke Tanah Airnya, ini memang masing-masing karena mungkin tiket juga terbatas. Akhirnya terpisah,” jelas dia.

Akan tetapi, Harvick meyakini Menteri Syahrul bukan kabur karena sedang menghadapi proses hukum di lembaga antirasuah yang dipimpin Firli Bahuri itu. “Wah Insya Allah sih enggak (kabur) ya. Mudah-mudahan. Kita doakan bersama-sama agar bisa selesai. Insya Allah,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya