Survei Poltracking: Prabowo Unggul Signifikan jika Head to Head dengan Ganjar di Pilpres 2024

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

Jakarta – Hasil survei terbaru dari lembaga survei Poltracking Indonesia menunjukkan, elektabilitas bakal calon presiden (Capres) Prabowo Subianto unggul atas capres PDIP Ganjar Pranowo dalam simulasi head to head.

Tanggapi Ide Prabowo Bentuk 'Presidential Club', Hasto Bilang PDIP Punya Tradisi 'Klub Kerakyatan'

Berdasarkan hasil survei tersebut, jika dilakukan skema head to head, Prabowo unggul dari Ganjar dengan keunggulan signifikan. Prabowo meraih dukungan sebesar 46,1 persen. Adapun Ganjar 39,8 persen. “Keunggulan ada di Pak Prabowo,” kata Direktur Riset Poltracking Indonesia Arya Budi dalam paparannya secara daring, Sabtu, 7 Oktober 2023.

Jika dihitung berdasarkan survei yang dilakukan Poltracking hari ini, yang berpotensi masuk ke putaran kedua adalah Prabowo dan Ganjar. Arya mengatakan, kemungkinan besar Anies berpeluang gugur di putaran pertama. 

Tanggapi Isu Prabowo Bakal Punya 40 Menteri, Ganjar Ingatkan Buruknya "Politik Akomodasi"

Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus bakal capres Prabowo Subianto

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

“Per hari ini yang berpotensi masuk ke putaran kedua adalah Pak Prabowo dan Mas Ganjar. Mas Anies, berpotensi gugur di putaran pertama,” katanya. 

Anies Beri Tanggapan Begini atas Pernyataan Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic'

Sementara jika dilihat dari simulasi head to head dalam survei terbaru Poltracking Indonesia, Prabowo unggul dari Anies. Dalam simulasi tersebut, Prabowo berhasil meraih dukungan mencapai 51,2 persen, sedangkan Anies 28,3 persen. 

Adapun dalam simulasi elektabilitas tiga nama capres yang akan berlaga di kontestasi Pilpres 2024 mendatang, Prabowo bertengger di urutan pertama dengan total elektabilitas mencapai 38,9 persen. Disusul Ganjar dengan 37,0 persen dan Anies 19,9 persen.

Survei diadakan pada 3-9 September 2023, dengan tajuk "Kekuatan Politik Elektoral Menuju Pendaftaran Capres-Cawapres 2024". 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya