Firli Bahuri Jelaskan Fotonya Dengan Syahrul Yasin Limpo, Sebut Serangan Balik Koruptor

Ketua KPK Firli Bahuri dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, akhirnya memberikan penjelasan terkait dengan beredarnya foto pertemuannya dengan mantan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo atau SYL, di sebuah lapangan bulutangkis.

Eks Anak Buah SYL Ungkap BPK Minta Uang Terbitkan WTP Kementan, KPK Diminta Lakukan Ini

Foto ini beredar, setelah KPK menyelidiki kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian era SYL. Di sisi lain, ada laporan dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK di Polda Metro Jaya. SYL sudah diperiksa pekan lalu.

Firli menjelaskan, kalau pertemuan tersebut dilakukan sebelum dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) terjadi. Dia menyebut, pertemuan itu dilakukan pada bulan Maret 2022, setahun lalu.

Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba Segera Diadili, Bakal Didakwa Suap dan Gratifikasi

Syahrul Yasin Limpo Temui Ketua KPK Firli Bahuri Lagi Main Badminton

Photo :
  • Istimewa

"Pertemuan di lapangan bulutangkis antara saya dengan Menteri Pertanian saat itu, Sdr. Syahrul Yasin Limpo, terjadi sebelum periode tersebut, tepatnya yaitu sekitar pada tanggal 2 Maret 2022. Dan itupun beramai-ramai di tempat terbuka," ujar Firli dalam keterangannya, Senin 9 Oktober 2023.

Sekjen DPR Mangkir Panggilan KPK, Minta Diperiksa 15 Mei

Firli menuturkan pertemuan tersebut dilakukan sebelum Syahrul Yasin Limpo dikabarkan berperkara di lembaga antirasuah.

"Sebagaimana dijelaskan sebelumnya bahwa, perkara di Kementerian Pertanian ini mulai masuk ke tahap penyelidikan oleh KPK pada sekitar Januari 2023," kata Firli.

"Kejadian tersebut pun, bukan atas inisiasi atau undangan saya," imbuhnya.

Maka dari itu, Firli membantah pertemuan yang dilakukan dengan Syahrul Yasin Limpo di lapangan bulutangkis. Dia juga menjelaskan banyak pihak yang akan menyerang balik lembaganya atau dirinya ketika ada kasus korupsi ditangani oleh lembaga antirasuah tersebut.

"Begitu banyak perkara korupsi yang sedang diselesaikan KPK. Sangat mungkin saat ini para koruptor bersatu melakukan serangan, apa yang kita kenal dengan istilah when the corruptor strike back, namun kami pasti akan ungkap semua," ucapnya.

Lantas, dia meminta kepada seluruh masyarakat agar tidak tergiring opini atas informasi yang beredar tanpa sumber yang jelas.

"Kami segenap insan KPK tidak akan menyerah dan kami sudah siap dengan resiko apapun termasuk  berkorban jiwa, raga , nyawa untuk Indonesia bersih dan bebas dari korupsi," bebernya.

Sebelumnya, Beredar sebuah foto yang menampilkan keakraban antara ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri yang asik mengobrol dengan Syahrul Yasin Limpo di lapangan bulutangkis. 

Saat ini diketahui kalau SYL saat masih menjabat sebagai Mentan. Kini dia sudah mengundurkan diri setelah berperkara di lembaga antirasuah terkait dengan dugaan korupsi di Kementan RI.

Firli tampak mengenakan pakaian olahraga bulutangkis warna dominan biru gelap dan putih. Terlihat pula, Syahrul Yasin Limpo mengenakan batik berkelir dan celana jeans biru.

Dalam foto tersebut juga terlihat makanan jagung yang diletakkan pada wadahnya. Bahkan ada sejumlah gelas diantara duduk Firli dan Syahrul Yasin Limpo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya