Relawan MER-C Jadi Korban Serangan Rudal di Gaza, Menkes Kontak Menlu soal Kondisi RS Indonesia

Rumah Sakit Indonesia Jadi Sasaran Serangan Israel
Sumber :
  • MER-C

JakartaSerangan udara Israel menyasar Rumah Sakit Indonesia yang berada di Jalur Gaza, Palestina, pada Sabtu, 7 Oktober 2023. Salah satu staf lokal MER-C, Abu Romzi, yang tengah berada di dekat lokasi tewas akibat serangan tersebut.

Di Forum Parlemen MIKTA, Puan Ingatkan Krisis di Gaza Berdampak pada Stabilitas Global

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengaku belum mendapat laporan terkait Rumah Sakit (RS) di Gaza, Palestina yang diserang roket Israel. “Belum terima laporan di Gaza (rumah sakit kena bom),” kata Budi Gunadi di Kompleks Istana Kepresidenan pada Senin, 9 Oktober 2023.

Maka dari itu, ia akan melakukan koordinasi dengan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi untuk rencana mengirim bantuan kesehatan ke Palestina. Selain itu, kata dia, perlu juga pemerintah melakukan komunikasi dengan Pemerintah Palestina.

Tentara Israel Ramai-ramai Pajang Foto saat Perang di Aplikasi Kencan

“Nanti saya kontak Bu Menlu untuk koordinasi. Saya ikutin Ibu Menlu kebijakannya,” ujarnya.

Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Willibrodus
Ratusan Civitas Academica Universitas Muhammadiyah Cirebon Gelar Aksi Kutuk Israel

Sebelumnya, serangan udara Israel menyasar Rumah Sakit Indonesia yang berada di Jalur Gaza, Palestina, pada Sabtu, 7 Oktober 2023. Salah satu staf lokal MER-C, Abu Romzi, yang tengah berada di dekat lokasi tewas akibat serangan tersebut.

Kabar duka disampaikan oleh Farid, salah satu relawan MER-C, yang masih berada di Jalur Gaza. "Kami sedang berada di wisma dr. Joserizal Jurnalis, tiba-tiba terdengar ledakan yang kuat sekali. Ternyata tembakan roket dari pesawat tempur Israel jatuh dekat sekali dengan lokasi kami dan menghancurkan mobil operasional MER-C yang berada di depan Wisma dr. Joserizal Jurnalis,” ucap Farid.

“Abu Romzi, staf local MER-C yang tengah berada di dekat ambulans menjadi korban syahid dan dilarikan ke RS Indonesia,” lanjutnya.

Serangan itu juga membuat kerusakan di Wisma dr. Joserizal Jurnalis, tempat tinggal relawan yang berada di dalam area RS Indonesia.  Ketua Presidium MER-C, Sarbini Abdul Murad, mengutuk serangan brutal Israel ke Jalur Gaza yang menyasar rumah sakit.

Menlu RI, Retno Marsudi

Photo :
  • ANTARA/Yashinta Difa

“Kami mengutuk serangan Israel ke Gaza yang menyasar Rumah Sakit," ujar Sarbini.

Ia juga menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya staf local MER-C, Abu Romzi yang sudah bertugas sejak 2011 dan warga Gaza lainnya yang turut menjadi korban akibat serangan brutal Israel ke Jalur Gaza. 

“Kami meminta agar perbatasan Gaza segera dibuka untuk masuknya bantuan internasional ke Jalur Gaza,” tambahnya.  

Lebih lanjut, Sarbini mengatakan agar Pemerintah Indonesia dapat segera mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengadakan sidang darurat terkait hal ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya