Komentar Tak Terduga Rocky Gerung Soal Luhut Binsar Pandjaitan Sakit Hingga Dirawat di Singapura

Rocky Gerung Diperiksa Bareskrim Mabes Polri
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan ungkap kondisi kesehatannya usai dibawa ke rumah sakit, Jumat, 6 Oktober 2023 pekan lalu. Luhut kemudian pun buka suara mengakui dirinya dirawat di Singapura.

Soal Utang Rafaksi Minyak Goreng ke Pengusaha, Kemendag: Mudah-mudahan Mei Selesai

Pengumuman tersebut Ia sampaikan melalui akun Instagram pribadi miliknya @luhut.pandjaitan. Luhut membagikan cerita awal mula dirinya disarankan untuk bedrest (istirahat total) selama beberapa hari.

Menko Marives Luhut Binsar Pandjaitan.

Photo :
  • Antara.
Proyek Kereta Cepat Dilanjutkan Sampai Surabaya, Luhut Bentuk Tim Percepatan dengan China

Ada pun, kondisi kesehatan Menko Marves melemah setelah menghadiri suatu kegiatan.

"Tiba-tiba saya merasa kelelahan yang amat luar biasa. Rasa lelah ini tak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja," kata Luhut, Selasa, 10 Oktober 2023.

Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan

Istri Luhut langsung membawa sang suami ke salah satu rumah sakit di Jakarta untuk tindakan preventif lebih lanjut.

Hasil pemeriksaan dinilai kurang bagus hingga Luhut disarankan tim dokter untuk tidak beraktivitas seperti biasa.

"Saya tak diperbolehkan oleh istri, 'Istirahat dan dengarkan tubuhmu dahulu, Pa," tulis Luhut. 

Menanggapi kabar sakitnya Menko Marves, pengamat politik sekaligus akademisi, Rocky Gerung ikut berkomentar. Menurut mantan dosen Filsafat UI itu kalau banyak pekerjaan yang dilakukan oleh Luhut dan tidak dikerjakan oleh Menteri lain.

Bahkan ia tak ragu mengakui Kabinet Indonesia Maju di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi ini dituntun oleh Luhut Binsar Pandjaitan dengan seluruh ide-idenya.

"Sebetulnya kabinet ini dituntun oleh ide-ide Pak Luhut. Kendati kita saling bertengkar, saya juga saling bertengkar dengan pak Luhut, tapi saya harus akui bahwa dia melakukan banyak hal yang memang nggak bisa dilakukan oleh menteri-menteri yang lain tuh,” ungkap Rocky Gerung dalam video pada kanal YouTube Rocky Gerung Official.

Tak hanya itu saja, pengamat politik yang kerap mengkritik program di rezim Jokowi ini berpendapat kalau seluruh pekerjaan yang selama ini dikerjakan oleh Luhut, tiba-tiba harus terhenti.

Pengamat politik Rocky Gerung di Rakernas Partai Ummat

Photo :
  • VIVAcoid/Yeni Lestari

Meski begitu secara psikologi, Rocky menilai Luhut masih memiliki semangat juang untuk memberi harapan pada bangsa. Namun tubuhnya telah memberi sinyal bahwa ia terlalu lelah, dan atas hal itu Rocky mendoakan agar Luhut Binsar Pandjaitan segera pulih kembali.

“Kendati secara psikologis Pak Luhut punya semangat untuk meneruskan semua cita-cita dia untuk menghidupkan harapan pada bangsa, tapi tubuh beliau mungkin memberi sinyal bahwa Anda terlalu capek ya Pak Luhut,” ungkapnya.

Lanjut, Pengamat politik ini menilai Purnawirawan Jenderal TNI, Luhut Binsar tidak dapat digantikan oleh siapa pun. Sebab, Menko Marves ini benar-benar melakukan segala sesuatu secara rinci.

“Kalau sekedar Pak Jokowi, kalau ada yang sakit dan sedikit terhalang ya akan ada penggantinya, entah wakilnya atau asistennya. Ini nggak mungkin, karena Pak Luhut itu orang yang betul-betul melakukan sesuatu dari A sampai Z. Itu dengan kapasitas sendiri tuh, enggak ada Menko Marves yang setara pak Luhut,” jelas Rocky Gerung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya