Basis Pendukung yang Loyal Jadi Kunci Elektabilitas Prabowo Kuat

Bakal Capres Prabowo Subianto berorasi di Rakernas Apdesi di Universitas Jambi
Sumber :
  • Apdesi

Jakarta – Bakal calon presiden (Capres) Prabowo Subianto dinilai memiliki basis pendukung loyal sejak Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 dan 2019. Kekuatan ini terakumulasi di Pilpres 2024 sehingga elektabilitas menteri pertahanan (Menhan) itu tinggi.

Nasib Program Kartu Prakerja di Era Prabowo-Gibran

Elektabilitas besar tersebut menunjukkan banyaknya dukungan terhadap Prabowo dari berbagai segmen masyarakat.

"Prabowo sendiri juga sudah memiliki modal elektoral basis loyal dari dua pemilu sebelumnya meskipun sebagian sudah tergerus ke Anies Baswedan di beberapa wilayah," kata Peneliti Senior Polling Institute, Kennedy Muslim, Sabtu, 14 Oktober 2023.

Kiai Marzuki Mustamar Muncul di Bursa Pilgub Jatim, Khofifah Masih Posisi Teratas

Menurut Kennedy, positioning Prabowo juga sangat mendukung. Kinerjanya yang bagus sebagai Menhan juga tidak luput dari perhatian publik yang bisa membuat elektabilitasnya semakin membesar.

Resmi, Projo Resmi Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Prabowo Yakin Ekonomi Indonesia Mampu Tumbuh 8% 2-3 Tahun ke Depan

Prabowo dinilai sangat kuat sebagai kandidat capres. Kekuatan ini disebabkan pengalaman Prabowo yang sudah berkecimpung di kontestasi Pilpres sejak 2009, ketika dia menjadi cawapres dari Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. 

Menurut Kennedy, kondisi ini yang membawa sebagian basis pendukung Prabowo kembali lagi di Pilpres 2024. Itu menjadi faktor kunci yang menjadikan Prabowo sangat kuat saat ini.

"Kembalinya sebagian basis lama Prabowo yang sempat lari ke Anies Baswedan menjadi faktor kunci bagi Prabowo untuk mempertahankan keunggulan seperti terekam di survei Polling Institute," katanya.

Dalam survei Polling Institute periode 1-3 Oktober 2023, Prabowo mengungguli puncak elektabilitas dengan torehan 36,5 persen. Angka itu mengungguli bakal capres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo dengan 31,2 persen. Kemudian bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan yang meraih 18,7 persen. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya