GBC Malindo ke-43, Kemendagri Apresiasi Capaian Kerja Sama Sosial Ekonomi RI-Malaysia

Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal ZA menghadiri sidang ke-43 GBC Malindo.
Sumber :
  • Kemendagri

Jakarta – Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Bina Adwil) Kementerian Dalam Negeri Dr. Safrizal ZA menghadiri pertemuan Malaysia-Indonesia General Border Committee (GBC Malindo) ke-43. Pertemuan digelar di Jakarta selama dua hari pada 11-12 Oktober 2023.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

"Dalam agenda GBC ke-43 Menhan Malaysia dan Menhan RI pada prinsipnya menyinggung peran Sosek Malindo dalam penguatan pertahanan dan bina kewilayahan sesuai dengan tugas Bina Adwil," kata Safrizal dalam keterangannya dikutip Sabtu, 14 Oktober 2023.

Sidang GBC Malindo merupakan forum rutin tahunan sebagai salah satu sarana untuk memfasilitasi dialog kedua negara, khususnya dalam memajukan interaksi kerja sama di wilayah perbatasan. 

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal ZA menghadiri sidang ke-43 GBC Malindo.

Photo :
  • Kemendagri.

Safrizal yang juga Ketua Kelompok Kerja (KK) Sosial Ekonomi (Sosek) Indonesia menyampaikan apresiasi atas capaian kerja sama Sosek Malindo selama ini. 

Melemah di Level Rp 16.220 per Dolar AS, Rupiah Diproyeksi Menguat

"Dalam pertemuan pada 10 Agustus 2023 di Malaysia, Kelompok Kerja Sosial Ekonomi (KK Sosek) membahas solusi terbaik dalam menghadapi setiap permasalahan di wilayah perbatasan kedua negara, sekaligus upaya meningkatkan kerja sama sosial ekonomi kedua negara," katanya.

Dalam pertemuan GBC ke-43 ini, delegasi Indonesia dipimpin oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto. Sementara delegasi Malaysia dipimpin oleh Menteri Pertahanan Malaysia Dato’ Seri Utama Haji Mohamad Bin Haji Hasan.

Peran Ditjen Bina Adwil Kemendagri di GBC yakni, mengikuti persidangan Khas/Khusus JKK/KK Sosek Malindo. Hal itu sebagai salah satu upaya dalam mempererat hubungan kedua negara, serta menjaga komunikasi dalam bidang kerja sama sosial ekonomi Indonesia-Malaysia. 

Melalui forum GBC, kedua negara dapat menentukan pembahasan kerja sama perbatasan sosial ekonomi pascapenandatanganan Defence Cooperation Agreement.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya