Urban Farming Ala KBA Bondongan Sulap Dinding Gang Sempit Jadi Kebun Sayur Produktif

Gang Sempit Jadi Kebun Sayur Produktif di Bondongan, Bogor, Jawa Barat
Sumber :
  • Muhammad AR (Bogor)

Bogor – Pertanian urban atau urban Farming menjadi pilihan masyarakat perkotaan di lahan yang ada. Seperti Kampung Berseri Astra (KBA) Warung Bandrek (Warban) Bondongan RT 05 RW 05, Kelurahan Bondongan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat.

Gaya Hidup Aktif Masyarakat Dorong Permintaan akan Perangkat yang Sesuai

Di sini KBA yang diketuai Yehezkiel berhasil mengagas pertanian urban yang menyulap gang sempit menjadi kebun sayur produktif. Jenis sayuran beragam dari mulai sawi sendok atau pakcoy, bayam, hingga selada. Diwawancarai VIVA, Yehezkiel menuturkan, KBA Warban Bondongan ini menjalankan 4 pilar dari mulai pilar lingkungan, pilar kesehatan, pilar pendidikan, dan pilar kewirausahaan UMKM.

Keempat pilar itu seluruhnya diprogram bersama-sama oleh warga dengan pendampingan dan pembinaan dari PT. Astra Internasional.

Kiat Bijak Memilih Layanan Pinjaman Fintech: Produktif atau Konsumtif?

Gang Sempit Jadi Kebun Sayur Produktif di Bondongan, Bogor, Jawa Barat

Photo :
  • Muhammad AR (Bogor)

Dari mulai perawatan sayur, warga melakukan penyiraman setiap hari. Dalam budidaya sayuran urban dilakukan secara organik, artinya tidak memakai pupuk kimia melainkan tanah, sekam bakar, dan sekam belum dibakar.

Komitmen Jaga Ketahanan Pangan, Penggerak Urban Farming Kota Semarang Tuai Apresiasi

Hasilnya, pada masa panen pertama warga memetik selada dan sawi, dan panen kedua bayam hijau dan merah.

"Menanam sayuran organik sekali panen 12 sampai 15 kilo, dibagikan ke warga supaya makan sayur. Dibagikan gratis karena kami memprioritaskan mereka yang mempunyai anak agar bisa makan sayur," katanya kepada VIVA, Sabtu 14 Oktober 2023.

Selain kebun sayur, KBA bondongan mrngembangkan budidaya lele yang juga dikonsumsi untuk warga terutama anak-anak agar mendapat gizi yang cukup. Dan anak-anak di sini, kata Yehezkiel, masuk dalam program prosyandu rutin.

Gang Sempit Jadi Kebun Sayur Produktif di Bondongan, Bogor, Jawa Barat

Photo :
  • Muhammad AR (Bogor)

"Kami bergarap bisa mengembangkankan KBA. Terutama ternak lele dalam usaha mewujudkan 4 Pilar lengkap itu. Pilar Lingkungan, Pilar Kesehatan, Pilar Pendidikan, Pilar wirausaha UMKM," pungkasnya.

Kampung Berseri Astra (KBA) merupakan program Astra Internasional yang komitmennya bersinergi dengan pemerintah dalam program pengembangan masyarakat berbasis komunitas yang mengintegrasikan inisiatif 4 pilar program kontribusi sosial berkelanjutan Astra yaitu kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan, dalam satu komunitas kampung.

Gang Sempit Jadi Kebun Sayur Produktif di Bondongan, Bogor, Jawa Barat

Photo :
  • Muhammad AR (Bogor)

Seperti termasuk di Kampung Warban, dalam mewujudkan 'Semangat Untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia' di pilar lingkungan dan kesehatan masyarakat sebagai kampung produktif maupum wisata agar mempunyai nilai ekonomis dan bisa menambah pendapatan warga.

Sejak dimulai Astra melakukan pendampingan warga, termasuk membantu kebutuhan warga di Urban Farming ini dari mulai polybag, rak, bibit hingga pengairan untuk perternakan lele. Seluruhnya diharapkan dapat mendatangkan manfaat bagi warga Warung Bandrek. Pada saat panen dan buddidaya, pengembangan KBA Warban Bondongan ini dihadiri langsung Wakil Walikota Dedie A Rachim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya