Pemilu Semakin Dekat, Andi Gani: Pesta Demokrasi Jangan Diwarnai Adu Pukul

Bacapres Ganjar Pranowo dan Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea
Sumber :
  • istimewa

Yogyakarta – Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani, memimpin kaum buruh di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menggelar pentas seni pertunjukan Ketoprak Tobong di 4 lokasi sekaligus di DIY. Pentas perdana Ketoprak Tobong Suryo Bawono digelar pada Minggu 15 Oktober 2023 kemarin di Lapangan Panjatan Kulon Progo.

Anies: Pakemnya yang Tidak Mendapatkan Amanah Berada di Luar Kabinet

Terlihat ribuan warga Kulon Progo memenuhi Lapangan Panjatan gratis tanpa dipungut biaya. Andi Gani Nena Wea mengatakan, pertunjukan Ketoprak Tobong ini selain untuk memberi hiburan bagi masyarakat di pedesaan juga sebagai ajang silaturahmi sesama masyarakat menjelang Pemilu 2024.

"Pesta demokrasi Pemilu 2024 tidak perlu disikapi dengan penuh ketegangan yang memicu terjadinya konflik," kata Andi Gani, dalam keterangan yang diterima Senin, 16 Oktober 2023.

Edy Rahmayadi Blak-blakan Tak Akan Duet Bareng Ijeck Lagi: Terlalu Tinggi, Kurang Pas

Pentas seni pertunjukan Ketoprak Tobong di DIY

Photo :
  • Dok. Istimewa

Menurutnya, Pemilu harus direspon dengan penuh suka cita dilandasi hati dan pikiran yang jernih penuh tanggung jawab. Pemilu harus dilandasi nilai-nilai Pancasila dalam semangat Bhinneka Tunggal Ika.

Ganjar Deklarasi Oposisi, Gibran: Enggak Apa-apa

"Pesta demokrasi jangan diwarnai dengan adu pukul, mari kita saling merangkul, hormat menghormati meski berbeda partai politik atau calon kandidat presiden. Kita satu bangsa, satu Tanah Air. Semoga sajian pentas ketoprak ini tidak saja menghibur tapi juga memupuk kebersamaan kita semua," kata Andi Gani

Ketua Umum Relawan Buruh Sahabat Ganjar ini jugamengakui dalam pementasan Ketoprak Tobong ini, sosok Ganjar Pranowo juga diperkenalkan ke masyarakat. Bagi Andi Gani, sosok Ganjar Pranowo punya rekam jejak yang bagus.

Ganjar sosok yang bersih dari korupsi kolusi dan nepotisme. Dia juga cekatan dalam bekerja dan dinilai paling releated untuk melanjutkan pondasi pembangunan yang telah diletakkan Presiden Joko Widodo.

Selain itu, Ganjar adalah pemimpin supel, akomodatif dan memiliki komitmen tinggi untuk peningkatan kesejahteraan kaum buruh. 

"Saat menjabat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar punya banyak kebijakan yang menguntungkan eksistensi kaum buruh. Kami berharap Mas Ganjar Pranowo sekiranya terpilih menjadi presiden semakin meningkatkan kapasitas dan kesejahteraan kaum buruh maupun masyarakat marjinal pada umumnya," tuturnya. 

Ganjar Pranowo di Malang, Jawa Timur

Photo :
  • Uki Rama (Malang)

Sementara itu, Pimpinan Produksi Pentas Ketoprak Tobong Suryo Bawono Widihasto Wasana Putra mengatakan, pementasan ketoprak melibatkan sejumlah seniman terkemuka yakni Marwoto Kawer, Yati Pesek, Dalijo, Yu Beruk, Rini Wudiastuti, Hargi Sundari, Santoso, Mijanto. 

Mereka adalah para pemain yang sudah puluhan tahun malang melintang dalam panggung seni pertunjukan ketoprak.

"Tak hanya itu kami juga melibatkan peran serta para pemain muda berbakat seperti Yanti Lemoe, Rika Anggita, Bambang KSR Ponang Merdugandang dan lainnya," katanya. 

Lakon yang diangkat dalam pementasan ini ada dua yakni 'Koalisi Prabangkara' dan 'Pulung Gusur' naskah karya Nano Asmorodono. 

Setelah Lapangan Panjatan Kulon Progo, pentas Ketoprak Tobong akan kembali digelar pada Minggu 22 Oktober 2023 di Lapangan Trihanggo Gamping Sleman.

Selanjutnya, akan diselenggarakan pada Minggu 5 November 2023 di Cemplung Kidul Tamantirto Kasihan Bantul, serta pentas pungkasan pada Minggu 12 November di Lapangan Tamanmartani Kalasan, Sleman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya