Jokowi ke Riyadh, Indonesia-Arab Saudi Sepakat Bentuk Dewan Koordinasi Tertinggi

Presiden Jokowi bertemu PM Arab Saudi Mohammed bin Salman al-Saud
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kunjungan kenegaraan ke Riyadh, Arab Saudi. Di sana, Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Kerajaan Arab Saudi, Mohammed bin Salman al-Saud.

Blak-blakan! Prabowo: Pak Jokowi Suruh Semua Menteri Kasih Data ke Saya

Menurut Jokowi, hubungan Indonesia dengan Kerjaaan Arab Saudi sangat baik dan erat. Sehingga, kata dia, kedua negara ini sepakat membentuk Dewan Koordinasi Tertinggi Indonesia-Arab Saudi untuk memperkuat hubungan kerja sama.

“Karena di tengah situasi dunia yang makin terbelah, persahabatan seperti yang dibangun dua negara kita makin diperlukan,” kata Jokowi dikutip pada Jumat, 20 Oktober 2023.

Zulhas Boyong 38 DPW PAN Foto Bareng Jokowi di Istana

Presiden Jokowi bertemu PM Arab Saudi Mohammed bin Salman al-Saud

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Diketahui, Presiden Jokowi melanjutkan kunjungan kerja hari kedua bertemu Perdana Menteri (PM) Kerajaan Arab Saudi (KAS) Mohammed bin Salman al-Saud di Istana Al-Yamamah, Riyadh, Arab Saudi pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Catat, Dokter Sarankan Jemaah Haji Bawa Obat-obatan Ini ke Tanah Suci

Delegasi Indonesia yang ikut dalam pertemuan itu antara lain Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi; Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan; Menteri BUMN, Erick Thohir; Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo; Sekretaris Kabinet, Pramono Anung; Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad; dan Direktur Jenderal Aspasaf Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani.

Presiden Jokowi bertemu PM Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman al-Saud

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Sementara dari Kerajaan Arab Saudi yaitu Menteri Pertahanan Arab Saudi, Khalid bin Salman al-Saud; Menteri Olahraga Arab Saudi, Abdulaziz bin Turki Al Faisal Al Saud; Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Faisal bin Farhan al-Saud; Menteri Kebudayaan Arab Saudi, Badr bin Farhan al-Saud; Menteri Keuangan Arab Saudi, Muhammad Abdullah Al-Jadaan; dan Menteri Investasi Arab Saudi Khalid Abdulaziz Al-Falih.

Adapun, kerja sama yang ditandatangani mengenai pembentukan Dewan Koordinasi Tertinggi antara Republik Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi; kerja sama teknis antara Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Organisasi Standar, Metrologi, dan Kualitas Saudi; kerja sama di bidang pemuda dan olahraga; serta kerja sama jaminan produk halal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya