Firli Bahuri Diperiksa Kasus Pemerasan, Mahfud MD Singgung Aparat Penegak Hukum Bermasalah

Menko Polhukam Mahfud MD.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD angkat bicara kasus  dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait penanganan perkara rasuah di Kementan. 

KPK Optimis Praperadilan Mantan Karutan Akan Ditolak Hakim

Teranyar, Ketua KPK Firli Bahuri sudah diperiksa oleh tim penyidik Polda Metro Jaya atas kasus tersebut. Firli juga sempat disoroti masyarakat soal foto pertemuannya dengan mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). 

“Ya pokoknya pembangunan hukum kita itu mencakup 3 unsur, satu isinya legal substance, yang kedua aparatnya, yang ketiga, budayanya. Dalam studi saya di kantor itu, memang yang harus kita benahi dan banyak masalah itu adalah aparat penegak hukum,” kata Mahfud Md saat ditanyai wartawan soal pemeriksaan Filri Bahuri, Rabu, 25 Oktober 2023. 

Usai Geledah Ruang Kerja, KPK Panggil Lagi Sekjen DPR Indra Iskandar

Ketua KPK Firli Bahuri dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Photo :
  • Istimewa

Sebelumnya, Firli Bahuri diperiksa Tim Penyidik Polda, Selasa, 24 Oktober 2023. 

Usut Kasus Pungli Rutan, KPK Panggil Mantan Wakil Ketua DPR

Dalam keterangan tertulis yang diterima awak media, Firli menyebut foto pertemuannya dengan SYL itu merupakan upaya koruptor menyerang balik KPK. 

Menurut Firli, beberapa lembaga pemerintahan masih melakukan perlawanan ketika pimpinan mereka dijadikan sebagai tersangka KPK.

“Lebih aneh lagi when the corruptors strike back dilakukan terhadap KPK. Mereka sangat leluasa dan bebas. Di situlah tantangan pemberantasan korupsi sehingga butuh sinergi dan orkestrasi,” ujarnya. 

Firli pun mengungkap keresahannya menjadi sorotan publik dalam kasus SYL. Ia mengatakan ada ratusan laporan kasus korupsi di berbagai level penyelenggaraan negara yang masih menumpuk. 

Untuk itu, kata Firli, KPK masih harus bekerja keras dengan seluruh keterbatasan dan segala serangan yang terjadi selama ini. “Kita perlu belajar dari pengalaman pemerintahan RRC yang berhasil membersihkan korupsi dalam waktu 10 tahun,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya