Polisi Geledah Rumah Firli Bahuri, KPK: Kami Hormati Proses Hukum

Polda Metro Jaya Geledah Rumah Ketua KPK Firli Bahuri
Sumber :
  • VIVA/ Foe

Jakarta Polda Metro Jaya telah rampung melakukan penggeledahan di rumah ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, terkait dugaan kasus pemerasan terhadap mantan Mentan RI Syahrul Yasin Limpo. KPK pun langsung meresponsnya.

Dirjen Kementan Sebut Ada 2 Pejabat Dicopot Gegara Tak Penuhi Perintah SYL

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan bahwa memang benar tengah ada penggeledahan di rumah Firli Bahuri. Dia menuturkan kalau dirinya tahu lewat pemberitaan di media massa.

"Kami mendapat informasi dari pemberitaan di media, bahwa hari ini ada penggeledahan di kediaman Ketua KPK Firli Bahuri di Bekasi terkait penyidikan umum yang sedang dilakukan Polda Metro Jaya," ujar Ali Fikri kepada wartawan pada Kamis 26 Oktober 2023.

Hakim Semprot Dirjen Kementan: Sama-sama Sembunyikan Borok, Tapi Ketahuan Juga

Rumah Ketua KPK Firli Bahuri di Bekasi digeledah polisi

Photo :
  • VIVA/Dani

Kendati demikian, penggeledahan penyidik Polda Metro Jaya juga tengah berlangsung di kawasan Jalan Kertanegara nomer 46, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Tetapi, KPK hanya baru mengetahui ada penggeledahan di kawasan Bekasi, Jawa Barat.

Nurul Ghufron Janji Hadir di Sidang Etik Dewas KPK Besok

Ali Fikri menyebut lembaganya itu tetap menghormati proses hukum yang tengah berjalan di Polda Metro Jaya saat ini terkait dugaan pemerasan.

"KPK tentunya menghormati kegiatan tersebut sebagai bagian dari rangkaian proses hukum dan itupun sepanjang sesuai mekanisme dan ketentuan-ketentuan hukum yang berlaku," kata dia.

Ali menyinggung sikap kooperatif Firli Bahuri ketika hadir pemeriksaan sebagai saksi di Bareskrim Polri beberapa waktu lalu.

Penyidik Polda Metro Jaya sudah rampung menggeledah rumah Firli yang di Jalan Kertanegara kurang lebih selama 3 jam. Penyidik pun nampak membawa koper dan printer yang dibawa saat masuk ke dalam rumah. Penyidik tidak memberikan keterangan perihal penggeledahan tersebut.

Polda Metro Jaya Geledah Rumah Firli Bahuri Ketua KPK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri ada di dalam saat rumahnya yang berada di Perumahan Grand Galaxy Bekasi, digeledah polisi. Firli melihat langsung proses penggeledahan.

"Iya (menyaksikan), beliau (Firli) ada di kediaman, tapi beliau enggak ngikutin (penggeledahan), beliau ada di kediaman," ucap Ketua RT kediaman Firli di Bekasi, Rony Napitupulu kepada wartawan, Kamis 26 Oktober 2023.

Dia menambahkan, selain Firli ada pula pihak KPK di kediaman Firli tersebut. Tapi, dia tidak tahu siapa pihak KPK yang hadir dalam penggeledahan tersebut. "Ada (pihak KPK)," kata dia lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya