Anggota Komisi XI DPR ungkap Pentingnya Memulai Wirausaha di Usia Muda

Seminar kewirausahaan untuk generasi Z yang digelar Universitas Pamulang
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Tangerang Selatan – Anggota komisi XI DPR RI, Andi Achmad Dara, mengungkapkan pentingnya generasi Z memulai berwirausaha selagi masih muda sebagai salah satu upaya memajukan perekonomian bangsa. Meningkatnya produktifitas ekonomi sejak muda akan mempercepat pertumbuhan dan kesejahteraan masyarakat. 

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Generasi Z dihimbau Andi Dara untuk tidak takut gagal. Dia mengatakan, peluang dan kesempatan masih banyak terbuka untuk anak muda agar dapat memperbaikinya.

"Generasi Z harus berani mulai berwirausaha, mumpung masih muda, kesempatan dan peluang masih sangat terbuka, jangan takut gagal, karena kalau gagal masih banyak kesempatan untuk memperbaikinya. Kalau masih muda sudah mandiri dan produktif secara ekonomi, Indonesia bisa lebih cepat maju dan sejahtera", kata Andi dara dalam seminar kewirausahaan untuk generasi Z yang digelar Universitas Pamulang yang dikutip Jumat, 27 Oktober 2023.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Ilustrasi pelatihan wirausaha

Photo :
  • VIVA/Eduard

Anggota DPR dari Partai Golkar ini menjelaskan wirausaha ini adalah kunci kemandirian dan kekuatan ekonomi bangsa Indonesia. Generasi Z menurut Andi bisa menjadi penggerak utama dan dapat mempercepat kemajuan Indonesia emas 2045.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

"Generasi Z yang mandiri dan berwirausaha itu kunci kita bisa cepat maju dan sejahtera, anak-anak muda yang produktif secara ekonomi bisa menjadi penggerak utama ekonomi kita", papar Andi Dara.

Lebih lanjut, Andi Dara menjelaskan bahwa wirausaha itu cara penting untuk menciptakan peluang dan berinovasi untuk mendapatkan keuntungan finansial. Wirausaha juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menekan angka pengangguran.

Andi, menambahkan, meningkatnya angka kemiskinan dan pengangguran paska wabah Covid-19 menjadi permasalahan bersama bangsa Indonesia saat ini. Termasuk di dalam masalah tersebut adalah pengangguran pada kelompok muda terdidik dari generasi Z. 

"Wirausaha memberikan kesempatan bagi Gen Z untuk mengekspresikan diri, menyelesaikan masalah, belajar dari kegagalan, dan berkontribusi bagi masyarakat," tambahnya.

Selain itu, wirausaha dapat meningkatkan kesejahteraan kelompok sosial Generasi Z, yang saat ini menghadapi tantangan seperti persaingan kerja, ketidakpastian masa depan, dan krisis lingkungan. 

Oleh karena itu, wirausaha penting untuk Gen Z sebagai salah satu cara untuk meraih impian, mengembangkan potensi, dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan dan menekan angka pengangguran. 

Hal senada disampaikan Raffi Ahmad yang turut hadir dalam seminar itu. Raffi mengatakan, memulai wirausaha di usia muda itu penting dan banyak keuntungannya. Apalagi saat mahasiswa, waktu relatif luang untuk bisa melakukan latihan berkreasi dan berwirausaha.

Ilustrasi anak muda

Photo :
  • Pixabay

Menurut Raffi, sejak dini, jiwa kewirausahaan harus dilatih secara terus menerus. Usia mahasiswa dianggap Raffi, usia yang tepat untuk memulai wirausaha sebab saat mahasiswa, jiwa keberanian dan kenekatan itu muncul dan jika disalurkan untuk wirausaha akan menjadi positif dan  waktu luang. 

"Jadi saat masih muda, harus dimanfaatkan untuk belajar dan belajar. Belajar wirausaha dari yang kecil, cobalah merintis bisnis kecil-kecilan. Jika bingung akan memproduksi apa, mulailah dengan berdagang dan menjual produk orang lain terlebih dahulu," ucapnya.

Ditambahkan Raffi, selagi masih banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan, dengan memulai bisnis sedini mungkin, anak muda akan memiliki banyak waktu untuk fokus pada usahanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya