Hari Sumpah Pemuda, Ganjar Pranowo Kutip Ucapan Bung Karno

Bakal capres Ganjar Pranowo di Sekolah PDIP
Sumber :
  • Ist

Jakarta - Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo turut mengucapkan selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda kepada seluruh generasi penerus bangsa. Diketahui Sumpah Pemuda jatuh pada hari ini, Sabtu, 28 Oktober 2023. 

Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2024, Astra Ajak Generasi Muda Berkarya untuk Masyarakat

Ganjar pun berpesan kepada semua kalangan untuk terus dapat reaktualisasi alias melakukan penyegaran dan pembaruan nilai-nilai dari Sumpah Pemuda itu di tengah kehidupan sehari-hari.

“Ya di hari Sumpah Pemuda kita harus melakukan reaktualisasi dari Sumpah Pemuda itu. Tentu membulatkan komitmen dan pemudalah yang kemudian menjadi harapan,” kata Ganjar saat menghadiri acara Young Movement Confrence 2023 ‘Future Heroes Exceed and Excel Together di Balai Sarbini, Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu, 28 Oktober 2023.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Bakal calon presiden Ganjar Pranowo saat memberikan keterangan di Bandar Lampung, Lampung, Kamis, 26 Oktober 2023.

Photo :
  • ANTARA/Dian Hadiyatna

Ganjar pun mengutip satu kutipan populer dari Presiden Indonesia pertama Soekarno atau Bung Karno yang menyebutkan, "Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan ku cabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan ku guncangkan dunia.” 

Ganjar Beri Sinyal PDIP di Luar Pemerintahan, Gerindra Tetap Ajak Bersama-sama

Menurutnya Ganjar kutipan ini menunjukkan bahwa pemuda yang bersatu dapat menghimpun kekuatan luar biasa yang dapat mengubah dunia. Terbukti banyak pemuda Indonesia yang sudah berhasil mengguncang pemuda di era sekarang ini.

“Hari ini banyak pemuda Indonesia yang sudah mengguncang dunia, mereka punya talenta hebat, pengetahuan seni budaya olahraga sains luar biasa termasuk ekonomi kreatif,” jelas Ganjar.

Bakal Capres PDIP Ganjar Pranowo blusukan di Lampung

Photo :
  • tvOne

Karena itulah, Ganjar menilai di hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada hari ini bisa menjadi momentum agar dapat menjadi sebuah landasan kepada pemuda unjuk gigi kualitas serta prestasinya bagi dunia.

“Rasa-rasanya inilah momentum yang bisa dibangkitkan agar pemuda-pemudi kita menunjukkan kualitas dan prestasinya,” tegas Ganjar.

Sekedar diketahui, Sumpah Pemuda dirayakan setiap 28 Oktober bertepatan dengan tanggal Kongres Pemuda Indonesia Kedua yang diselenggarakan 27-28 Oktober 1928 di Jakarta. Tahun ini, Hari Sumpah Pemuda telah menginjak peringatan yang ke-95.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya