Potret Jokowi Makan Siang Bareng 3 Bacapres Anies, Ganjar dan Prabowo di Istana Merdeka

Presiden Jokowi makan siang bersama 3 bakal capres
Sumber :
  • Tangkapan layar

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengundang tiga bakal calon presiden (capres) yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Ketiganya diundang makan siang bersama di Istana Merdeka, Jakarta Pusat pada Senin 30 Oktober 2023 siang.

Harga Pangan Dunia Naik, Jokowi Bersyukur RI Termasuk yang Masih Rendah

Dalam pertemuan tersebut, terlihat suasana sangat akrab antara Jokowi dengan tiga bacapres tersebut. Jokowi dan 3 bacapres satu meja beralasan warna putih di Istana Merdeka.

Terlihat Jokowi duduk di sisi bagian barat meja, Ganjar berada di sebelah kanan Jokowi lalu di sebelah kiri ada Prabowo, dan di depannya ada Anies. Keempat orang itu duduk melingkar di meja makan.

Sekjen Gerindra: Prabowo Akan Menepati Janjinya setelah Dilantik

Presiden Jokowi makan siang bersama 3 bakal capres

Photo :
  • Tangkapan layar

Mereka tampak berbagi makanan dengan memutar meja makan itu. Kemudian yang terlihat menu makanan keempat orang penting itu yakni lontong, nasi, rolade ayam, ayam bumbu kecap, hingga tahu bacem.

Prabowo Bilang Ada yang Ngaku Seolah Bung Karno Milik Satu Partai, Sekjen PDIP Merespons

"Ya makan," ujar Ganjar kepada wartawan.

Tampak pula, Jokowi mengenakan batik bermotif dengan warna dominan biru putih, Ganjar dengan batik bermotif berwarna merah dengan gradasi putih, Anies dengan warna coklat tua dibalut putih dan Prabowo memaki batik motif berwarna dominan coklat muda. Setelah itu acara makan siang pun digelar secara tertutup. 

Sebelumnya, Juru Bicara Anies Baswedan, Surya Tjandra mengatakan bahwa dirinya juga mendapatkan informasi kalau Anies Baswedan diajak makan siang di Istana Merdeka. Dia pun berharap dalam agenda makan siang itu ada sebuah pesan yang memberikan sebuah kesejukan terkhusus untuk Anies.

Presiden Jokowi makan siang bersama 3 bakal capres

Photo :
  • Tangkapan layar

"Harapannya mengirimkan pesan kesejukan; persatuan, dan dengan netralitas yang berusaha ditunjukan oleh presiden, seluruh institusi negara bisa dengan konsisten mengikuti arahan presiden untuk netral," ujar Surya kepada wartawan, Senin 30 Oktober 2023.

Dia menuturkan kalau sejatinya seluruh bacawapres juga diundang. Entah apa yang hendak dibahas dalam makan siang tersebut.

"Awalnya kami juga berharap seluruh cawapres diundang, supaya Gibran juga hadir di sana," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya