Jokowi Sebut Tiap Tahun Ratusan Triliun Dibawa Masyarakat untuk Berobat ke Luar Negeri

Presiden Jokowi (tengah).
Sumber :
  • istimewa

JakartaPresiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan hampir 2 juta masyarakat Indonesia masih memilih untuk berobat ke luar negeri. Hal ini, kata Jokowi, menyebabkan tiap tahunnya sekitar Rp100 triliun uang ikut ke luar negeri hanya untuk berobat.

Menikah, Rizky Febian dan Mahalini Dapet Karangan Bunga dari Jokowi

Demikian disampaikan Jokowi saat melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Rumah Sakit milik swasta Mayapada Hospital Nusantara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

"Karena seingat saya hampir dua juta masyarakat kita kalau sakit itu pergi keluar dan itu membawa uang keluar (capital outflow) hampir lebih Rp100 triliun setiap tahun masyarakat kita membawa uangnya keluar negeri hanya untuk berobat," kata Jokowi dalam pidatonya seperti disiarkan Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, 1 November 2023.

Stafsus Presiden Jokowi dan Kemenkop UKM Apresiasi Pendampingan UMKM

Ilustrasi rumah sakit.

Photo :
  • Pexels/Sals

Jokowi berharap dengan kehadiran rumah sakit modern yang tengah dibangun di IKN, seperti Rumah Sakit Abdi Waluyo dan Mayapada Hospital Nusantara bisa mengurangi jumlah masyarakat yang berobat ke luar negeri.

Blak-blakan! Prabowo: Pak Jokowi Suruh Semua Menteri Kasih Data ke Saya

"Dengan semakin banyak dan berkualitasnya layanan fasilitas kesehatan di IKN masyarakat di IKN dan kota-kota lain di sekitar sekali lagi tidak perlu jauh-jauh keluar negeri," kata Jokowi.

Jokowi sidak ke rumah sakit di Lampung.

Photo :
  • Biro pers Istana.

Kepala negara juga menyebut pembangunan dua RS tersebut bekerjasama dengan mitra internasional. Jokowi berharap RS ini nantinya mampu memberi pelayanan yang profesional serta menangani kasus-kasus kesehatan yang kompleks bagi masyarakat maupun pemerintah.

"Kami harapkan dengan berdirinya Mayapada Hospital di IKN Nusantara ini, hal tersebut bisa kita kurangi sebanyak-banyaknya," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya