Ketika Prabowo Acungkan Jempol untuk Calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah mengusulkan sosok KSAD Jenderal Agus Subiyanto untuk menjadi calon panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun. Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto pun memberikan respons jempol mengenai usulan itu.

Anies: "Pakemnya yang Tidak Mendapatkan Amanah Berada di Luar Kabinet

Momen itu terjadi saat Prabowo meresmikan Rumah Sakit Tingkat III Salak, Bogor, Jawa Barat pada Rabu, 1 November 2023. Awalnya, Prabowo ditanya awak media terkait bagaimana sosok Jenderal Agus Subiyanto yang diusulkan menjadi calon panglima TNI.

Prabowo tak bicara sepatah kata pun. Dia hanya mengacungkan jempol sebagai jawaban pertanyaan ke arah awak media. 

Wapres Ma’ruf Amin: Presidential Club Tak Harus Bentuk Formal

Presiden Jokowi melantik Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai KSAD

Photo :
  • Setkab

Tak hanya itu, awak media lanjut bertanya mengenai kapabilitas Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI kepada Prabowo. Namun, mantan Danjen Kopassus itu lagi-lagi hanya menjawab dengan acungan jempol..

Putin Resmi Dilantik Jadi Presiden Rusia, Lanjut Menjabat 6 Tahun Lagi

Jenderal Agus Subiyanto Diusulkan Jadi Panglima TNI 

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara mengapa dirinya mengusulkan nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon tunggal Panglima TNI. Agus yang baru beberapa hari dilantik menjadi KSAD itu akan menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun.

Menurut Jokowi, Agus punya jam terbang dalam teritorial, administrasi dan akademis yang mumpuni sebagai calon Panglima TNI.

"Sudah kami sampaikan kurang lebih Minggu yang lalu. Ya, pertama kan beliau juga Wa-KSAD, kemudian menjadi KSAD. Jadi kalau melihat jam terbangnya di teritorial, kemudian di adminstratif, akademis semuanya memenuhi semuanya," kata Jokowi kepada wartawan di kawasan IKN, Kalimantan Timur, Rabu, 1 November 2023.

Sementara itu, Ketua DPR RI Puan Maharani membenarkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon tunggal Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono. Diketahui, Yudo bakal memasuki masa pensiun pada 26 November 2023. 

"Pada kesempatan ini saya akan umumkan nama calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, nama yang diusulkan Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto SE., Msi yang saat ini menjabat sebagai KSAD," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 31 Oktober 2023. 

Mantan Menko PMK itu pun memastikan DPR akan menindaklanjuti surat presiden (Surpres) terkait nama calon Panglima TNI. 

"Karenanya sesuai dengan mekanisme yang ada DPR akan memulai proses dari mekanisme di DPR untuk bisa menindaklanjuti surat usulan calon Panglima tersebut sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada di DPR. Semoga proses ini bisa berjalan dengan lancar dan baik, sehingga penggantian Panglima TNI yang akan datang bisa berjalan dengan baik dan tidak ada kekosongan Panglima TNI yang akan datang," kata politikus PDIP itu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya