Pj Gubernur Akmal Harap Investor Kalimantan Merespons Tawaran Investasi di IKN

Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik
Sumber :
  • Istimewa

Kalimantan Timur - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) berkumpul bersama anggota Kompas100 CEO Forum di lokasi glamping, Ibu Kota Nusantara (IKN), Sepaku, Kalimantan Timur, Kamis, 2 November 2023. Sebelumnya, Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke persemaian Mentawir, peninjauan ke Sumbu Kebangsaan KIPP IKN, dan groundbreaking Kantor Bank Indonesia. 

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik turut menghadiri kegiatan bersama Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri PUPR Pera Basuki Hadimuljono, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Pj Bupati PPU Makmur Marbun.

Pj Gubernur Akmal Malik mengatakan, Presiden Jokowi dalam arahannya menyampaikan besarnya potensi sumber daya alam Indonesia khususnya IKN.

Pj Gubernur Kaltim Dikukuhkan menjadi Profesor Kehormatan Unissula Semarang

Beberapa pejabat di IKN Nusantara

Photo :
  • Istimewa

Pada forum ini, lanjut Akmal, Presiden Jokowi menegaskan Pemerintah Republik Indonesia dalam membangun IKN lebih memprioritaskan masuknya modal dari investor-investor dalam negeri.

Bareskrim Polri Periksa Eks Gubernur Bangka Belitung soal Kasus Pemalsuan Dokumen

“Diprioritaskan dari dalam negeri terlebih dahulu, investor luar negeri banyak yang berminat namun kita rem dulu. Sudah ada sekitar 320 letter of intent (LoI), namun kita berikan terlebih dahulu kepada investor-investor dalam negeri,” tegas Presiden Jokowi, dikutip Akmal.

Akmal Malik menyebut Presiden Jokowi masih memberikan peluang yang besar bagi investor dalam negeri untuk menggarap IKN, dan masih berharap investor dalam negeri sesegera mungkin berinvestasi di Kaltim.

“Bagi kita sekali lagi, bagi investor yang di Kalimantan, ayo dong rame-rame kita investasi di IKN, orang dari luar Kalimantan saja luar biasa hadir di IKN masa kita di Kalimantan tidak mau berinvestasi,” kata Akmal.

Presiden Jokowi di Acara Kompas 100 CEO Forum, Kawasan IKN, 2 November 2023

Photo :
  • Setpres

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri ini menambahkan bahwa Kompas100 CEO Forum terlihat antusias dan merespons positif atas tawaran investasi yang disampaikan oleh Presiden Jokowi.

“Kita berharap dari Kalimantan juga memberikan respon positif sebagaimana respon dari 100 CEO yang dihadirkan oleh Kompas TV dan PLN,” pungkas Akmal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya