Jokowi Bicara Nasib IKN setelah Lengser: Ada UU-nya, Didukung 93 Persen Fraksi di DPR

Presiden Jokowi tinjau pembangunan infrastruktur IKN
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Penajam Paser Utara – Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimis pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur tetap berjalan, meskipun dirinya tak lagi menjabat presiden pada 2024. 

Kompol May Juga Diperiksa Propam gegara Brigadir Ridhal Ali Jadi Ajudan Pengusaha Tanpa Izin

Penegasan itu disampaikan Jokowi menanggapi kekhawatiran para pengusaha atas keberlanjutan IKN di pemerintahan mendatang. Ia menegaskan pembangunan IKN sudah dituangkan dalam UU Nomor 3 Tahun 2022. Ia pun menyinggung mayoritas fraksi di DPR RI mendukung IKN.

"IKN ini ada undang-undangnya. Undang-Undang itu didukung oleh 93 persen fraksi-fraksi yang ada di DPR. Apa lagi yang mau ditanyakan. Sembilan puluh tiga persen loh," kata Jokowi di IKN, Kamis, 2 November 2023.

Dukungan Rp23 Miliar dari Para Pengusaha untuk Timnas U-23 yang Menginspirasi

Lebih jauh Jokowi mengatakan, keberlanjutan pembangunan IKN akan menjadi kolaborasi antara pemerintah dan swasta. Pemerintah memulai pembangunan dengan menyediakan gedung pemerintahan dan sarana penunjang dasar.

Presiden Jokowi di Acara Kompas 100 CEO Forum, Kawasan IKN, 2 November 2023

Photo :
  • Setpres
Anne Avantie, Syanaz Nadya Hingga Anita Gathmir Tidore Bagikan Inspirasi Berkiprah di Bidang Kreatif

Presiden Jokowi mengatakan lama tidaknya pembangunan IKN juga ditentukan partisipasi swasta. Menurut Jokowi, peran pemerintah hanya 20 persen. "Bisa 15 tahun, bisa 20 tahun, bisa juga 10 tahun. Kalau swastanya kencang, kenapa tidak (cepat selesai)?" imbuhnya.

Jokowi menegaskan  IKN merupakan investasi masa depan. Karenanya Ia mengajak para pengusaha, investor, dan CEO untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sebab, kata Jokowi, kolaborasi adalah kunci, Presiden memaparkan total anggaran pembangunan IKN yang mencapai 33 miliar dolar AS (sekitar Rp523 triliun), tidak mungkin ditanggung pemerintah sendiri.

Oleh karena itu, pemerintah merencanakan anggaran pembangunan IKN sebesar 20 persen akan berasal dari APBN sementara 80 persen sisanya melalui skema kemitraan pemerintah-swasta (PPP).

“Saya senang setelah pemerintah memulai (pembangunan IKN) 2 tahun lalu, pertengahan tahun ini swasta masuk, meletakkan batu pertama, dan seterusnya. Dan saat ini masih kita prioritaskan (investasi) yang dari dalam negeri terlebih dahulu,” kata Jokowi. 

Rayu Beli Tanah di IKN 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan keterangan setelah meninjau Proyek Jalan Tol, IKN, Kalimantan Timur, Rabu, 1 November 2023.

Photo :
  • Antara

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga merayu para pengusaha yang hadir pada acara Kompas CEO Forum, yang kurang lebih dihadiri oleh 100 bos-bos besar. Untuk membeli tanah di IKN.

Jokowi mengajak para pengusaha itu membeli tanah di IKN, sebab harga tanah di calon ibukota RI itu masih terbilang murah dibandingkan di Jakarta.

"Saya mengajak Bapak/Ibu semuanya, mumpung tanah harga tanahnya masih murah. Karena Bapak/Ibu kalau beli sekarang di SCBD itu mungkin harga tanah per meter sudah Rp 200 juta, di Menteng mungkin sudah Rp 150 juta," ujar Jokowi Kamis, 2 November 2023.

 Bahkan, kata Kepala Negara ini di Balikpapan yang notabennya lebih dekat ke IKN. Harga tanah per meter masih lebih mahal dari IKN. "Di Balikpapan itu Rp 10-Rp 15 juta. Di sini masih dibawah Rp 1 juta," jelasnya.

Namun, Jokowi mengatakan harga tanah itu kemungkinan akan naik pada pekan depan. Hal ini bisa terjadi karena harga tanah terus bergerak mengikuti permintaan pasar.

"Tapi mungkin minggu depan sudah naik. Enggak bener-bener, bulan depan udah naik. Karena memang harganya bergerak terus, kalau peminat banyak masak dijual murah yang ndak lah. Otoritas pinter," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya